Tips Puasa Untuk Penderita Maag

Puasa adalah hal yang wajib untuk muslim di dunia, tapi banyak yang tidak berhasil menyelesaikan puasa dikarenakan sakit maag yang diderita, nah, inilho tips puasa untuk penderita maag.

Tidak mengkonsumsi makanan yang sangat manis

Saat buka puasa tiba, jangan biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan bersantan seperti kolak, es sirup, atau lainnya. Anda bisa berbuka terlebih dahulu dengan teh hijau hangat yang diberi campuran satu sendok madu atau hanya mengkonsumsi air putih hangat. Berbuka dengan minuman atau makanan yang tidak terlalu manis (kurma) akan membantu membiasakan lambung Anda agar tidak bekerja terlalu keras saat buka puasa dan menghindari naiknya asam lambung.

Tidak merokok dan minum soda

Saat buka puasa, khususnya bagi Anda yang seorang perokok, jangan langsung mengkonsumsi rokok maupun minuman soda, karena hal tersebut justru akan melukai dinding lambung Anda. Kondisikan lambung Anda kuat dengan konsumsi madu atau makanan ringan lain terlebih dahulu sebelum memuaskan keinginan untuk merokok.

Menghindari makanan asam dan pedas untuk buka puasa

Menu kedua yang perlu dihindari untuk penderita maag saat bulan puasa adalah makanan berat yang berasa asam maupun pedas. Hal ini karena makanan yang memiliki rasa asam dan pedas akan melukai dinding lambung sehingga berakibat pada kambuhnya gejala gastritis. Anda bisa mengganti konsumsi makanan asam dan pedas dengan makanan yang memiliki citarasa gurih dan sedikit asin, seperti cah sayur, daging panggang, maupun lainnya.

Makan makanan ringan

Agar tubuh terasa lebih sehat dan tidak mudah drop saat buka puasa, cobalah cemilan sehat seperti salad buah (pepaya, pisang, apel) atau salad sayur rebus yang ditambah minyak wijen atau zaitun. Anda bisa pula mengkonsumsi makanan ringan yang memiliki citarasa gurih atau cenderung hambar seperti roti gandum (tanpa olesan apapun) dan plain yogurt hangat. Dengan makanan tersebut, Anda tidak akan memaksa lambung untuk bekerja terlalu berat dan khawatir makanan yang dikonsumsi mengikis dinding lambung.