TIPS MEMILIH IKAN SEGAR DI PASAR

Sejak kecil kita sudah diajarkan mengenai pola makan Empat Sehat Lima Sempurna  yang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan dan disempurnakan dengan segelas susu. Meskipun demikian, namun kita tetap harus pintar memilih makanan yang benar-benar sehat, karena idak jarang penyakit yang muncul justru disebabkan oleh pola makan. Misalnya lauk-pauk, sejak menjamurnya penyakit kolestrol, darah tinggi dan jantung yang menggerogoti tubuh manusia maka kita harus berhati-hati memilih jenis lauk yang sehat dan tidak memicu berbagai macam penyakit. Salah satu jenis lauk yang aman dikonsumsi dan mengandung protein yang tinggi adalah ikan. Dibandingkan dengan daging sapi, kambing, udang dan berbagai jenis seafood, ikan adalah jenis lauk yang baik dikonsumsi bagi penderita kolestrol dan darah tinggi.

Namun, ikan yang sehat adalah ikan yang masih segar, selain kandungan gizi yang masih baik juga meminimalisir kandungan racun dan parasit yang diakibatkan oleh proses pembusukan. Berikut adalah tips memilih ikan yang masih segar:

Pastikan daging masih terasa kenyal

Untuk memastikan daging ikan masih terasa kenyal, anda dapat menyentuhnya dengan jari lalu sedikit agak menekan bagian tubuh ikan, jika terasa keras dan kenyal, berarti ikan masih segar.

Insang berwarna merah

Ikan yang masih segar dapat kita lihat melalui insangnya, apabila sirip masih berwarna mera maka ikan tersebut masih segar, apabila sirip sudah pucat dan agak kebiruan maka urungkan saja niat anda untuk membelinya.

Sisik ikan masih menempel kuat

Meskipun tidak semua ikan memiliki sisik, namun untuk jenis ikan tertentu yang memiliki sisik anda dapat melihat kesegaran dari seberapa kuat sisik masih menempel pada kulit ikan. Apabila disentuh saja sisiknya sudah lepas, maka itu tandanya ikan sudah terlalu lama berada di atas air dan mulai mengalami pembusukan.

Mata jernih dan cembung

Meskipun mata merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk melihat, mata juga dapat berfungsi untuk memperlihatkan. Mata ikan merupakan bagian yang paling mudah diperhatikan, tanpa menyentuhnya anda bisa mengetahui apakah ikan masih segar atau idak. Perhatikan saja bagian mata ikan, apabila matanya terlihat jernih, menonjol dan cembung, itu artinya ikan masih segar.

Itulah beberapa tips untuk memilih ikan segar, karena sehat bukan saja dari seberapa lengkap jenis yang kita makan, tetapi juga seberapa segar makanan yang kita santap.