Tips Makan Pedas Tanpa Mules

Banyak orang yang suka makan pedas memiliki lidah yang kuat namun dengan kondisi lambung yang lemah. Rasa pedas yang bersumber dari cabe ini memang memabukkan, sakit tapi tidak membuat kapok. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam cabai inilah yang banyak mengakibatkan gangguan pencernaan. Zat yang memunculkan sensasi rasa pedas dalam cabe disebut kapsaisin, yang sekaligus berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tentu ada cara agar kalian tetap bisa makan pedas, namun lambung tetap aman. Setidaknya untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan oleh cabai. Berikut 6 tips cara aman menikmati makanan pedas

  1. Sediakan susu, yogurt, dan air es sebelum mulai makan pedas. cara menteralkan rasa pedas yaitu dengan mengkonsumsi minuman alkali dengan pH netral seperti susu. Susu juga bisa mencegah diare yang kerap disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas. selain susu, kalian bisa juga menggunakan plain yogurt, cream cheese, atau buttermilk. Sedangkan air es atau air dinginĀ  bisa memberikan efekĀ brain freezebahkan mati rasa sesaat pada lidah.
  2. Lemon memang terasa asam. Namun ternyata meski terasa asam, ketika masuk ke dalam perut, lemon berubah menjadi alkalin secara alami. Minum es jeruk lemon yang tidak terlalu asam setelah menyantap makanan pedas bisa jadi pilihan. Kalian juga bisa mengatasinya dengan makan buah pisang dan alpukat
  3. Makanlah secara perlahan. Biasanya ketika kepedesan, orang cenderung mempercepat tempo makannya. Rasa pedas membara ini justru membuat kamu tidak bisa menikmati makananmu. Maka, makanlah secara perlahan untuk memberikan jeda efek dari zat kapsaisin mereda di dalam lidahmu.
  4. Minum air putih mungkin akan membuat rasa pedas dalam rongga mulutmu semakin merata. Namun lebih banyak air putih akan mengurangi iritasi di dalam perut dengan baik.
  5. Jika perutmu masih sakit setelah menikmati makanan pedas, saatnya kamu minum antasida untuk meredakan rasa sakit di perutmu. Dan tunggu antasida bekerja untuk menetralkan asam lambungmu.
  6. Kalian bisa mencoba berbaring terlentang dengan posisi lurus. Taruh bantal di bawah kepala, agar posisi kepala Anda berada 15-20 cm di atas kaki. Cara ini dipercaya dapat membantumu meringankan sensasi terbakar di perut setelah mengkonsumsi makanan pedas.

Itulah tips-tips yang bisa kalian coba. Jangan mules lagi deh!!!