Tips Efektif Bersihin Gadget

Belajar itu boleh aja dimana saja. Ya memang belajar dimana saja bisa sih. Tapi kalo udah dimana aja, hati-hati ya gawainya. Dibawa. Dijaga. Dirawat baik-baik. Iya. Dirawat ya. Banyak banget gawai yang pada akhirnya harus diganti karena enggak dirawat dengan baik oleh pemakainya. Padahal gawai tersebut masih terbilang baru. Nah, kamu gitu juga engga? Hih! Tapi kan kamu mandi aja jarang, apalagi bersihin gawai. Nah, kamu itu enggak papa jarang mandi, tapi kalo gawai jangan jarang dibersihin yak. Nanti malah rusak lagi. Padahal kan gawai sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar kita kan yak. Tiap hari ketemu dia. Tiap hari sama-sama dia. Tiap hari selalu menyentuhnya. Karena hal-hal tersebut  kemungkinan buat kena debu dan kotoran akan sangat besar kan. Jadi, dibersihin ya…

Gimana sih caranya bersihin yang baik? Kalo udah gini, kayaknya kamu bisa googling deh. Sekali kamu ngetik dan klik tombol cari, kamu pasti bakal dapet banyak banget informasi. Banyak! Banget! Tapi kadang kalo udah terlalu banyak gitu jadi bingung kan yak. Biar enggak bingung, coba deh baca caranya di bawah. Kali aja ada yang masyuk…

 

Matiin gawai

Kalo yang ini pasti lah ya. Kamu udah tau kan. Kamu bakal dapet informasi dari hasil googling kamu kalo seandainya gawai kamu anti air, tidak mematikan gawai tidak apa-apa. Walaupun begitu, sebaiknya kamu matiin aja deh. Biar nanti kamu bersihinnya lebih khusu’ gitu. Soalnya meskipun gawai sudah diyakini dan dijamin memiliki fitur anti-air, tetap saja pasti ada beberapa kesalahan. Namanya juga buatan manusia. Ya kan…

 

Pilih kain berbahan microfiber

Kain yang halus sangat diperlukan untuk membersihkan gawai. Sebenernya juga bukan gawai aja sih, barang elektronik lainnya juga memerlukan kain yang halus. Contohnya seperti laptop, mouse, keyboard, TV mungkin, atau barang elektronik lainnya. Nah, kayak apa tuh yang halus? Lebih tepatnya bahan yang terbuat dari microfiber. Kalo kamu punya kacamata, pasti ada dong kain atau lap pembersihnya. Nah itu juga terbuat dari microfiber. Halus banget kan? Tapi kalo ga ada, kamu bisa pake kain, tisu, atau lainnya yang juga memiliki permukaan halus.

 

Cairan pembersih

Kalo kamu mandi biasanya kan pake sabun tuh, kalo gawai pake cairan pembersih. Ada engga? Kalo engga ada, kamu bisa beli di toko-toko eletronik. Ada banyak kok. Bahkan, di beberapa supermarket juga ada. Eh, di konter-konter gawai juga ada deng. Gampang kok dapetinnya.

 

Bersihkan dengan melingkar

Kan ada tuh yang ngebersihin layar gawainya horizontal atau vertikal. Nah, itu sebenernya cara yang kurang bener. Kok bisa? Karena ketika kamu ngebersihin gawainya dengan melintang atau ke atas bawah, kotorannya bakal semakin lebar. Malah, bisa-bisa semakin banyak kotorannya. Lebih baik, tetesin cairan pemebrsihnya ke kain. Terus gosok secara melingkar. Jadi, kayak di puter gitu.

 

Nah, udah tau kan caranya. Iya, kalo udah bersih, tetep dipakein anti gores yak. Biar gimanapun juga, kalo ada apa-apa yang kena anti-goresnya dulu. Oke?