Resep Kimbab Untuk Memasak Bersama Si Kecil

Sering menjumpai si kecil membuang-buang bekal makan siangnya? Atau suka sedih saat melihat mereka sulit menghabiskan sarapan? Ibu-ibu pasti sering mengatasinya dengan membuat tampilan cantik dan menarik pada makanan yang disajikan. Namun ada cara lain untuk membuat anak-anak semangat dan menghargai makanannya lho, yaitu dengan mengajaknya terlibat aktivitas memasak. Rempong sih pasti, apalagi di dapur penuh dengan peralatan yang bisa melukai si kecil. Untuk itu resep di bawah ini bisa dilakukan di ruang keluarga atau di area lapang lainnya yang mungkin lebih lapang dibanding area dapur.

Resep Kimbab

Kimbab merupakan makanan khas korea selatan yang digemari siapapun. Makanan ini terdiri dari nasi, nori, dan isian yang bisa dikreasikan sendiri. Resep kimbab sudah banyak dimodifikasi di negara lain agar sesuai dengan selera lidah setempat.  Cara pembuatannya pun cukup simpel, dengan bahan-bahan yang banyak tersedia di sekitar kita. Sebelum mulai masak, mari siapkan terlebih dulu bahan-bahannya

  • Nasi pulen
  • Nori
  • Minyak wijen
  • Garam
  • Isian lauk seperti telur goreng , sosis,tuna, daging ayam atau sapi
  • Isian sayur seperti bayam, kubis, atau pokcoy
  • Isian acar seperti timun, wortel, atau lobak
  • Bamboo mat jika ada, jika tidak ada kalian bisa mengganti dengan plastik food grade untuk membantu menggulung nasi

Setelah semua bahannya siap, langkah pertama adalah ambil nasi seperlunya, beri rasa dengan minyak wijen dan garam. Icip icip hingga mendapatkan rasa yang sesuai selera. Selanjutnya untuk isian lauk,kalian bisa menggunakan apapun yang tersedia di rumah. Untuk daging-dagingan kalian memasaknya terlebih dahulu. Untuk telur dan sosis, potonglah memanjang.

Setelah lauk, saatnya mengolah isian sayur. Tidak perlu cara yang ribet, hanya rebus sebentar sayur yang mau digunakan, tiriskan. Letakkan di mangkok, lalu bumbui dengan minyak wijen, garam, dan bawang putih bubuk kalau ada. Untuk isian acar, potong memanjang timun atau wortel.

Setelah semuanya siap, saatnya panggil si kecil untuk meracik dan membuat kimbabnya sendiri. Caranya yaitu ambil selembar nori, pastikan yang mengkilat menghadap ke bawah. Ratakan nasi secukupnya pada salah satu sisi nori, tata di atasnya isian lauk, sayur, dan acar. Setelah itu gulung semua bahan tersebut menggunakan bamboo mat atau plastik. Nah, agar lembaran norinya yang terkahir menempel, kalian bisa mengoleskan air pada bagian ujungnya. Terakhir, potong-potong menjadi potongan kecil-kecil, dan sajikan. Kimbab yang enak dan sehat siap disantap.

Sangat mudah dan cepat bukan? Oh ya, mengajak si kecil memasak juga bisa membantu pengembangan indra-indranya lho. Mengenalkan berbagai macam rasa bisa memantik indra pencecapnya, sedangkan meracik bahan-bahan masakan, lebih-lebih dengan mengajarinya menggunakan pisau yang tepat, bisa melatih motorik halus si kecil. Ternyata banyak juga manfaat dari mengajak anak-anak memasak bersama