NIATNYA DIBANYAKIN! BARU DIET!

Pilih makan atau tidur? Hih! Itu bukan pilihan. Itu keharusan. iya sih, memang makan dan tidur adalah keharusan. kebutuhan biologis. Tetapi dari keduanya keseimbangan sangat dibutuhkan. Karena yang berat sebelah akan membahayakan. Apalagi berlebihan. Mengganggu!

Apalagi tidur. Tidur yang berlebihan tidak baik bagi tubuh karena bisa kena mager. Sama juga dengan makan berlebihan. Tau sendiri lah ya kenapa makan berlebihan ga baik secara jasmaniah dan rohaniah. Tetapi ya mau gimana lagi yak! Mungkin beberapa tahun yang lalu, banyak yang bisa menahan diri untuk terus menunda lapar sampai nanti waktunya tiba. Karena memang tehnologi belum setenar dan segampang sekarang. Kalau mau kemana-mana ya harus mencari tempat dan memilihnya. Bahkan tidak jarang ketemu tempat makan yang jauh dari selera kita. Rugi bandar nih!

Lha kalo sekarang? Cepat. Gampang. Dekat. Penyebab utamanya ya internet itu. Kalau mau butuh apa-apa tinggal klik-klik-klik, sudah selesai. Bisa hitungan hari atau jam. Kalo pesennya barang-barang tertentu, seperti tas, baju, aatau gitar mungkin beberapa hari baru sampai. Itupun ga lebih dari satu minggu. Yang agak lama mungkin memang pesennya dari luar negeri. Ya harus nyebrang dulu atau terbang. Bahkan, untuk beberapa pesanan hitungan menit pun bisa. Tuh, banyak kan sekarang tuh aplikasi-aplikasi lokal yang sekarang jadi ramai karena keramaiannya. Itu tuh yang bikin internet sudah menjadi kebutuhan biologis. Apalagi soal makan.

Keadaan yang terus mempermudah kita menjadikan kita susah untuk mengontrol diri kita. Bahkan tubuh sendiri pun susah diatur. Padahal dua jam yang lalu udah makan. Satu piring penuh. Eh, enggak deng, satu setengah, ngabisin punya pacar soalnya. Itu pun lahap. Dan itu pun diantar. Apa enggak keterlaluan badan ini? Tapi ya mau gimana lagi. Makanya sekarang makin banyak saja yang memiliki berat badan dengan kenaikan yang cukup signifikan. Tetapi seiring dengan meningkatnya minat akan makan, meningkat juga yang memang mulai sadar kalo diet memang sangat perlu untuk dilakukan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Enggak ada yang cepat. Enggak usah banyak percaya sama yang turun cepat-cepat itu. Percaya sama tuhan saja. Dan usaha.

Diet itu sebenarnya sama dengan kita butuh makan, tidur dan kegiatan biologis lainnya. Iya. Diet itu biologis. Dan kebutuhan biologis akan dimulai dari kegiatan sehari-hari. Kalau mau diet, ya diperhatiin kegiatan sehari-harinya. Bisa mulai dari serat. Ga usah mikir yang enggak-enggak. Kamu ga harus jadi analis gizi atau ahli gizi buat tahu serat. Ada internet! Singkatnya, setidaknya makan sayur, buah-buahan atau kacang-kacangan setiap harinya. Karena bahan makanan itu mengandung banyak serat. Itu aja udah. Cukup. Serat sudah, ada bakteri baik. Bakteri itu ga melulu jahat. Beda sama mantan! Bakteri ada yang baik. Oiya lagi, Internet! Pokoknya yang turunannya susu itu baik, contohnya keffir, keju, yoghurt, buttermilk, dan masih banyak lagi. Kalo buat anak kos mah, susu aja cukup.

Dan ada lagi cara yang cukup mudah. Setiap orang bisa melakukannya. Piring kecil. Enggak perlu yang kecil-kecil amat. Masing-masing memiliki kadar piring kecil yang berbeda-beda. Yang penting lebih kecil dari biasanya. Kalo makan lewat piring yang lebih kecil, kita akan lebih bisa mengatur makanan yang masuk. Karena makanan yang diambil dan yang akan dihabiskan ya sepiring itu. Itu ada tiga, kalau mau nambah banyak caranya. Inget, internet!