Cara Mudah Naklukin Dosen Pembimbing

Bagi para mahasiswa, terutama yang sedang menghadapi masa-masa diambang batas waktu, menghadapi dosen killer memiliki tantangan tersendiri. Selain kamu harus ngebut menyelesaikan tugas akhir, kamu juga tidak meiliki banyak waktu untuk menjalani berbagai adegan drama dengan dosenmu di kampus. Maka, kamu perlu memiliki strategi khusus untuk mengantisipasi berbagai macam hambatan yang dapat muncul dikarenakan oleh hubunganmu yang kurang baik dengan dosenmu, terutama dosen pembimbing, berikut beberapa strategi yang dapat kamu lakukan:

Dosen pembimbing selalu benar

Ingat kan, sewaktu mengikuti masa-masa ospek dulu kamu diajarin oleh kakak-kakak senior soal pasal 1, senior tidak pernah salah dan pasal 2, jika senior salah, kembali ke pasal satu. Gak cuma senior lho yang memberlakukan pasal ini, terkadang dosen juga. Membantah perkataan dosen terkadang justru menghambat dan memperlambat prosesmu. So, kamu turuti saja perkataannya, lakukan semaksimal mungkin yang kamu bisa, meskipun sepertinya gak masuk akal coba saja, biasanya mereka hanya ingin melihat seberapa mau kamu berusaha.

Sering meminta janji ketemu untuk bimbingan

Intensitas kamu menemui dosenmu dapat menunjukkan seberapa besar niat dan usaha kamu buat ingin cepat selesai lho. Semakin sering kamu meminta janjian untuk bimbingan, semakin besar kemungkinan kamu cepat selesai. Jika kamunya dinilai ogah-ogahan dan tidak cekatan, dosen pembimbing juga akan malas mendampingi kamu dengan sungguh-sungguh, siapa yang butuh dia yang menghubungi.

Aktif bertanya

Tidak hanya di dalam kelas, saat bimbingan juga kamu perlu bertanya. Terutama hal itu dapat menunjukkan antusias dan rasa ingin tahumu kepada dosen pembimbing, hal tersebut akan membuat dia dengan senang hati berbagi pengetahuan dan memberi saran yang akan sangat berguna ketika kamu sedang mengerjakan tugas akhir.

Segera merevisi

Setelah bimbingan biasanya ada beberapa hal yang harus diperbaiki maupun ditambah. Maka, setelah bimbingan jika memang ada beberapa hal yang harus diperbaiki atau ditambahkan, segera lakukan. Semakin cepat kamu mengerjakan semakin cepat selesai dan kamu bisa menghadap dosen pembimbingmu lagi. Semakin cepat kamu mengerjakan apa yang diperintahkan maka semakin besar kemungkinan bahwa kamu akan dianggap benar bersungguh-sungguh ingin selesai.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menaklukkan hati dosen pembimbingmu. Ingat, semakin baik hubunganmu dengan dosenmu, kemungkinan semakin besar kamu untuk lebih cepat selesai. Oleh sebab itu, jangan lakukan hal-hal yang sekranya dapat membuat dosen pembimbingmu menjadi tidak simpati kepadamu.