8 FOOD HACKS UNTUK MENJAGA BUAH DAN SAYURMU SEGAR DAN AWET TANPA PENDINGIN

Jika kamu adalah anak kos, memiliki lemari pendingin memang sangat membantu, terutama utuk menyimpan makanan-makanan sisa yang sayang untuk dibuang. Namun tidak semua kos menyediakan lemari pendingin, atau bahkan diizinkan untuk membawa lemari pendingin ke dalam kamarnya. Memang tidak semua buah dan sayuran boleh disimpan di lemari pendingin, dan harus disimpan dalam suhu ruang, seperti jeruk, alpukat, dan buah tropis lainnya. Semangka dan melon juga tidak perlu disimpan di lemari pendingin, karena suhu dingin akan merusak kandungan antioksidan di dalamnya. Beberapa trik di bawah ini bisa membantu kamu untuk menyimpan makanan agar tetap segar dan tahan lama.

  1. Menghindari mencuci buah dan sayur dapat membuatnya lebih tahan lama, meski tidak disimpan dalam lemari pendingin sekalipun. Menjaganya tetap kering adalah salah satu cara untuk menghindari perkembangbiakan jamur penyebab pembusukan. Kalian bisa cukup dengan melap menggunakan tisu atau kain kering yang bersih.
  2. Ketika mengupas buah apel, pir, atau pisang dan kamu tidak ingin menghabiskan semuanya, kamu bisa kok tetap menyimpannya tanpa khawatir menjadi layu. Beberapa ramuan di bawah ini akan membantu kamu menjaga buahmu awet segar:
  • Citrus dan zat asam lainnya

Letakkan buah kupas dalam wadah, lalu beri perasan air lemon atau jeruk. Lalu tutup wadah dan simpan di tempat sejuk.Cara ini akan membuat warna buah tetap putih dan kesegarannya bertahan lama.

  • Air dingin

Menenggelamkan buah dalam air dingin begitu dikupas juga sangat efekti menjaga buah agar tetap segar. Proses oskisdasi buah akan berhenti untuk sementara waktu karena air  menghambat udara mengubah warna buah tersebut. Hal ini juga membuat enzim yang dimiliki buah tetap bertahan di dalam sehingga tidak mengubah rasanya.

  • Gula dan garam

Mengoleskan gula pada permukaan buah kupas, atau mencuci buah menggunakan air garam adalah alternatif lain untuk membuat warna buah tetap cemerlang. Namun keduanya akan mempengaruhi rasa dan kesegaran buah tersebut.

  • Diawetkan

Cara ini adalah dengan memotong buah menjadi kecil-kecil, taruh di dalam wadah. Larutkan gula dan cuka, aduk, dan tuangkan ke dalam potongan buah tadi. Tutup rapat wadah, dan simpan di tempat sejuk. Cara ini tidak hanya membuat warnanya tetap cantik tapi juga mengawetkan buah sehingga bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Rasa dan teksturnya tidak akan berubah dan buah potong segar bisa dinikmati kapan saja.

  1. Punya pisang sesisir tentu berat untuk menghabiskannya sendirian. Kamu mungkin bisa membaginya dengan teman satu kos. Tetapi ketika tak jua kunjung habis, kamu tetap bisa mengakalinya agar pisangmu tetap kuning dan tidak cepat busuk, yaitu dengan menggantung buah pisang dengan tali dan diangin-anginkan. Konon cara ini merupakan trik guna mengelabui si buah pisang untuk membuatnya percaya kalo mereka masih ada di atas pohon. Untuk pisang yang terlepas dari sisirannya, kamu bisa membalut bonngol atau tangkai pisangnya menggunakan plastik wrap atau aluminium foil.
  2. Kentang akan cepat membusuk ketika banyak terkena paparan sinar matahari, maka kamu harus menyimpannya di tempat gelap. Kamu juga bisa menambahkan beberapa buah apel di tempat penyimpanan kentangmu. Cara ini dipercaya mampu membuat kentangmu lebih tahan lama.
  3. Sama seperti kentang, bawang juga menyukai ruang gelap, dingin, dan dengan sirkulasi udara yang baik. Pisahkan sesuai jenisnya, dan kamu bisa menyimpannya masing-masing dalam paper bag. Jangan lupa tandai tiap kantung sesuai jenis bawang. Hindari menyimpan bawang di kantung plastik, karena akan membuatnya cepat membusuk.
  4. Cara paling tepat untuk menyimpan brokoli agar tidak cepat kuning dan busuk adalah dengan menyimpannya di tempat lembap. Kamu bisa menaruhnya dalam wadah berisi air dan menutup bagian atasnya menggunakan kain basah.
  5. Bagian di sekitar tangkai tomat adalah bagian yang paling enak. Tapi bagian ini jugalah yang akan cepat membusuk. Maka, simpanlah tomat dengan tangkai menghadap ke atas
  6. Untuk menjaga selada tetap kering dan krispi, kamu bisa menyimpannya di dalam toples yang tertutup rapat. Cara ini dapat membuat selada tetap segar dan tahan lama.

Itulah 8 trik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesegaran makananmu. Setelah ini, tentu kamu tidak perlu khawatir ketika membeli buah atau sayur berlebih kan?