Tips Merawat Mesin Diesel

Mesin diesel pada mobil memang memberikan kemampuan dan juga karakteristik yang berbeda dibanding mesin bensin. Terutama persoalan torsi yang diberikan mesin diesel ini terbilang menyenangkan dan melimpah. Nah, dengan begitu perlu kiranya bagi pemilik mobil diesel melakukan hal-hal ini untuk menjaga performa agar tetap optimal dalam berakselerasi.

 

  1. Panaskan Mesin

Setidaknya nyalakan mesin selama lima menit sebelum digunakan untuk jalan. Hal ini diperuntukkan agar oli lebih leluasa melumasi bagian turbocharger dan mesin secara menyeluruh serta merata. Pelumas mesin ini dalam meningkatkan sistem kerja komponen mesin agar tetap halus sekalipun saling bergesekan. Selain itu, hal ini juga berdampak panjang terhadap mesin dan akan lebih tahan lama.

 

  1. Oli yang Tepat

Bagaimanapun juga, setiap mesin memiliki keunggulan dan juga karakter masing-masing serta unik. Pun, dengan mesin diesel satu ini. Silakan diskusikan dengan tekhnisi langganan Anda terkait pelumay yang sesuai dengan pabrikan mobil untuk menjaga mesin dan performa mobil kesayangan. Karena tidak sedikit yang dapat dikatakan kurang tepat menggunakan pelumas yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh mesin.

 

  1. Bahan Bakar Terbaik

Seiring dengan permorfa yang handal dan kuat, mesin diesel sebenarnya tidak bisa sembarangan mengguanakan bahan bakar. Haruslah menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan sulfur di bawah 300 ppm, semisal pertamina dex. Selain itu juga, bahan bakar yang tepat akan menghasilkan gas buang yang rendah emisi. Baik untuk mesin, baik untuk lingkungan sekitar.

 

  1. Bersihkan Injector Secara Rutin

Bagi yang sudah dilengkapi teknologi Injection Common-Rail yang mana berfungsi menjaga mobil selalu hemat bahan bakar dan meningkatkan kekuatan mesin ini, haruslah sering dilakukan perawatan serta pembersihan secara rutin. Hal ini akan membuat mesin lebih kuat dan juga tahan lama serta tak perlu takut mengeluarkan biaya mahal. Dan juga, pastikan melakukan perawatan ini di bengkel resmi sesuai dengan pabrikan mobil Anda.

 

  1. Perawatan Rutin

Semua kendaraan pasti membutuhkan perawatan berkala guna menjaga kondisi mobil untuk tetap stabil. Penting untuk dilakukan adalah kunjungi bengkel resmi dan terdekat guna mengetahui layanan yang dibutuhkan oleh mobil Anda.