Teknologi Canggih Yang Akan Lebih “Memanjakan” Manusia

Sejak ditemukan mesin dan komputer dalam dunia teknologi, manusia tidak pernah berhenti untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru dan juga termutakhir. Sehingga saking cepatnya, tak sedikit dari kita yang merasakan ketinggalan kemajuan teknologi yang selalu terbarui setiap waktunya. Inovasi-inovasi yang dilakukan di dunia teknologi tujuan utamanya adalah membuat manusia lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Misalnya dulu kita harus memakan waktu berhari-hari hanya untuk mengirimkan kabar jarak jauh, kini hanya sepersekian detik kita sudah bisa terhubung dengan seseorang jauh disana menggunakan handphone. Konon, dunia teknologi sedang menyiapkan sebuah alat untuk bisa mengirimkan seseorang dari satu tempat ke tempat lain dengan begitu cepatnya, seperti pintu kemana sajanya Doraemon. Nah, di tahun ini, ada teknologi baru yang bakalan menjadi trend dan juga lebih “memanjakan” manusia.

1. AI dan advanced machine learning

Teknologi satu ini sebenarnya bukan penemuan baru, namun pengembangan dari teknologi sebelumnya. Teknologi ini bisa diterapkan di kendaraan mandiri, robot, elektronik untuk konsumen, visual personal assistants, serta smart advisors. Teknologi sebelumnya adalah AI (Artifical Intelligent) yang kemudian bernama machine learning. Fungsi utama dari program ini adalah membuat perangkat akan lebih canggih seperti bisa mempelajari, memahami, beradaptasi sesuatu yang baru dan disinyalir bisa beroperasi secara mandiri. Penemuan ini sangatlah berarti, terutama di dunia robotik. Dan hal ini tidak menutup kemungkinan machine learning merupakan benih robot yang bisa berkomunikasi dan juga hidup berdampingan dengan manusia.

2. Digital twin

Penemuan baru dibidang teknologi digital, dengan digital twin ini perangkat lunak akan terlihat lebih dinamis dalam hal fisik dan juga sistem. Cara bekerjanya adalah mengandalkan data yang disediakan sensor untuk merespon sebuah perubahan, memahami keadaan dan juga meningkatkan kinerja secara maksimal. Sistem ini digadang-gadang bakalan menggantikan ketrampilan sumber daya manusia dan monitoring tradisional dalam hal perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan operasi pabrik.

3. Intelligent things

Sistem ini akan membantu manusia khususnya dalam berkendara. Sebab teknologi ini diciptakan dengan kemampuan khusus yaitu bisa memprediksikan jarak kendaraan dengan benda di sekitarnya. Intelligent Things menggunakan AI dan Machine Learning dalam memprediksi terhadap objek lain, Intelligent things juga bisa dipasang di drone dan smart appliances.

4. Mobil terbang aeromobil

Adalah perpaduan antara pesawat terbang dengan mobil, cara kerjanya hampir sama dengan tank ampibi yang bisa di darat dan juga di laut. Sednagkan untuk aeromobil ini bisa di darat dan juga di udara. Perpaduan ini mobil dan pesawat ini melahirkan mobil dengan tampilan yang mewah dan fungsi yang bisa dibawa kemana saja tanpa harus takut terjebak macet.

 

5. Mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi

Teknologi ini sebenarnya sudah diproduksi sejak tahun 2016. Namun kala itu dalam tahap percobaan dan diproduksi dengan jumlah terbatas. Menurut Boston Consuling Group, teknologi mobil tanpa pengemudi akan mulai menjamur di tahun ini dan akan memenuhi kehidupan manusia pada tahun 2040. Hal ini benar-benar akan membuat manusia semakin mudah. Karena jika teknologi ini sudah sempurna, tidak menutup kemungkinan kita mengendarai mobil sambil tidur, karena mobil sudah bisa berjalan sendiri dan tentu saja kita tidak perlu memiliki SIM yang cara mendapatkannya tidaklah mudah.