SMARTPHONE KAMU BISA JADI EFEK GITAR LHO!!!

Di era yang udah semakin canggih ini, teknologi semakin berkembang pesat dan makin lucu-lucunya ini. Ponsel bersistem android dan iOS semakin banyak menggantikan perangkat-perangkat yang biasa digunakan dan makin portable aja, melalui berbagai aplikasi yang memudahkan kuta untuk saling  berkomunikasi serta aplikasi yang sangat membantu di keseharian kita.

Salah satu contohnya adalah aplikasi efek gitar. Hanya dengan mendownload, serta membeli beberapa perangkat keras yang mendukung, kita sudah bisa menikmati efek-efek seperti distorsi, modulasi, dinamik, dll.

Cara penggunaanya juga cukup mudah. Kamu tinggal mencolokan gitarmu ke perangkat perantara yang kemudian disambungkan dengan smartphone kamu, terus di setting-setting sedikit dan kemudian … Genjreengg!! Tapi yang jadi masalah, smartphone yang kamu gunakan itu support atau tidak ? Karena tidak semua Smartphone mendukung aplikasi dan Hardware yang digunakan.

 

Nah berikut barang-barang yang dibutuhkan untuk mengoprasikanya antara lain :

 

  • SmartPhone (Android/iOS) / Tablet Support OTG
  • Kabel OTG / kabel jack
  • iRig/ USB Guitar Link/ AmpKit Link
  • Gitar Elektik
  • Ampli/ Speaker aktif komputer
  • Aplikasi efek fitar (Guitar Amp, AmpKit, GarageBand”iOS”)

 

Kemudian disini yang berperan penting adalah USB Guitar Link, iRig atau AmpKit Link. Jika menggunakan USB guitar link harus menambahkan kabel OTG yang juga bisa digunkan di PC. Jika pakai iRig/ AmpKit Link kabel OTG tidak diperlukan, cukup kabel jack saja. iRig atau USB Guitar Link berguna sebagai converter ataupun penyalur suara gitar yang ke Smartphone lalu ke ampli/speaker aktif computer. Jadi sebagai media perantara suara gitar -> Smartphone -> Ampli/speaker.