Inilho Cara Membedakan Aplikasi Asli Apa Palsu

Menggunakan smartphone tentunya sudah banyak sekali di era modern ini. Banyak aplikasi yang dikembangkan oleh developer untuk menunjang keperluan kita sehari-hari. Tapi banyak juga aplikasi yang malah membuat rugi kita dengan adanya banyak aplikasi palsu malah tidak membantu kita, yang ada adalah  malah merugikan kita.

Inilho cara membedakan aplikasi asli apa palsu:

1. Periksa Nama Developer-nya

Kamu harus tetap berhati-hati sebelum memasang aplikasi. Biasakan mengecek nama pengembang atau penerbit aplikasi. Terkadang scammer menggunakan nama yang mirip. Misalnya, Overstock.com (asli) dan Overstock Inc (palsu). Hal ini dapat mengecoh si pengguna baru.

2. Periksa Ulasan di Toko Aplikasi

Sebuah aplikasi asli pasti akan memiliki ribuan ulasan (review) positif, sedangkan aplikasi palsu hampir tidak memiliki ulasan. Maka itu, selalu periksa ulasan yang ada di App Store atau Google Play.

3. Lihat Tanggal Publikasi

Sebuah aplikasi palsu akan memiliki tanggal publikasi terbaru. Karena aplikasi palsu biasanya meniru dari yang asli, aplikasi tersebut tentu baru dipublikasikan.

4. Periksa Kesalahan Ejaan Deskripsi

Jika kamu teliti, sebetulnya kamu dapat mengetahui aplikasi palsu dari kesalahan ejaan pada judul maupun deksripsinya.

5. Waspada Terhadap Diskon Belanja

Kedengarannya sangat menggiurkan, tetapi kamu harus tetap waspada terhadap aplikasi palsu. Jika ragu, kunjungi situs resmi aplikasi di browser kamu.

Kemudian, cari ikon atau tombol yang bertuliskan “Dapatkan aplikasi kami”. Kamu akan diarahkan langsung ke App Store atau Google Play Store pada aplikasi yang asli.

Nah, saatnya berhati-hati dalam menginstall aplikasi dalam smartphone kamu ya.