Cara Menambang Bitcoin

Apa itu Menambang Bitcoin. Pada pembahasan sebelumnya, sudah dijelaskan tentang pengertian Bitcoin, konsep dan cara kerja Bitcoin, serta siapa pencetus Bitcoin. Semua orang, bisa memperoleh Bitcoin sendiri. Bisa dengan membeli, maupun dengan menambang Bitcoin sendiri.

Istilah “Menambang” atau “Mining” didalam Bitcoin adalah sebuah upaya untuk memecahkan blok baru bitcoin dengan memecahkan algoritma BItcoin. Dengan cara ini, Bitcoin baru akan didapatkan dan siap ditransaksikan.

Proses penambangan Bitcoin dilakukan dengan penghitungan matematik yang dilakukan pada jaringan Bitcoin. Sistem Bitcoin berjalan secara online dalam jaringan Bitcoin, sedangkan penghitungan matematik tersebut dilakukan untuk proses verifikasi transaksi bitcoin yang ada di Internet.

Dengan verifikasi tersebut, seorang penambang Bitcoin akan bisa menemukan blok baru dalam jaringan Bitcoin. Dari proses penambangan tersebut, BItcoin baru tercipta, lambat laun, tingkat kesulitan penambangan BItcoin akan semakin bertambah sulit.

Proses penambangan, dilakukan dengan menggunakan sebuah perangkat lunak yang sudah tersedia secara gratis dan bisa diunduh. Dengan perangkat tersebut, para penambang Bitcoin akan terhubung dengan jaringan Bitcoin.

Data dalam sistem jaringan Bitcoin mempunyai keamanan yang ketat, oleh karena itu, proses penambangan membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi untuk bisa memecahkan algoritma BItcoin.

Seiring dengan perkembangan teknologi jaman sekarang, pertambangan Bitcoin dengan menggunakan CPU Mining (Central Processing Unit) menjadi lebih sulit karena kemampuannya yang terbatas jika dibandingkan dengan perangkat penambangan Bitcoin yang ada sekarang.