4 APLIKASI PENDETEKSI JUDUL LAGU

Pasti pernah merasa penasaran sama judul lagu dan penyanyi/band dari lagu yang sedang diputar di radio atau ditempat nongkrong kan ? atau mungkin pernah mengingat nada sebuah lagu namun lupa sama judulnya. Kasus tersebut kini bukan lagi jadi masalah, karena sudah ada beberapa aplikasi gadget yang bisa mengidentifikasi sebuah lagu. Kamu Cuma perlu mengarahkan microphone gadget ke sumber musik, melalui aplikasi identifikasi yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, baik berbayar maupun gratis. Berikut beberapa review dari aplikasi yang dapat melacak lagu.

  1. SHAZAM

Merupakan aplikasi yang dapat membantu kamu untuk mendeteksi musik beserta judul dan penyanyinya sekaligus. Shazam cukup mudah untuk digunakan, kamu cuma perlu melakukan beberapa kali tapping maka kamu sudah mencari judul lagu, penyanyi/band, serta diskografi dari musisinya dari lagu yang sedang diputar. Menggunakanya, kamu cukup mendekatan smartphone kearah sound itu berasal dengan jarak tertentu. Kemudian akan tampil informasi yang kamu cari di smartphone kamu.

 

  1. Track ID

Track ID, kalau aplikasi ini bisa dibilang pelopor dari aplikasi identifikasi musik, Track ID awalnya adalah aplikasi identifikasi musik built-in yang hanya tersedia pada ponsel Sony Ericsson. Kemudian sejak Sony Ericsson mulai menggunakan Android sebagai sistem operasi untuk produk ponselnya, Track ID akhirnya ikut dibawa ke Playstore (Android Market). Saat ini Track ID masih menjadi aplikasi standar bawaan ponsel Sony. Pencarian yang dilakukan oleh Track ID menggunakan database milik Gracenote, yang dulu adalah CDDB, yaitu database CD audio. Gracenote dikenal sebagai pemilik dari database lagu yang paling lengkap.

  1. SoundHound

Aplikasi yang satu ini sangat menarik dan bisa kamu andalkan banget dalam identifikasi lagu. SoundHound aplikasi yang keren banget, jika kamu menyanyikan suatu lagu namun lupa sama judul lagunya dan kamu hanya mengingat sebagian potongan dari liriknya, kamu bisa menyanyikan bagian yang kamu ingat saja, dan kemudian aplikasi ini akan mengidentifikasi lagu yang barusan kamu nyanyikan. Sedikit mirip dengan aplikasi Shazam, namun beberapa orang menganggap SoundHound lebih akurat dan lebih cepat dalam pengidentifikasianya. Kemudian fitur yang tersedia di SoundHound juga banyak.

  1. SpotSearch

Aplikasi identifikasi yang satu ini terhubung dengan beberapa perangkat aplikasi yang lain, misalnya Spotify. Melalui aplikasi ini kamu dapat melacak lagu yang ingin kamu dengar, kemudian ketika sudah berhasil menemukan lagu yang ingin kamu cari, SpotSearch akan membiarkan kamu mendengarkanya secara full di Spotify. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mencari lagu dengan mengetikan liriknya saja, kemudian kamu akan mendengarkan lagunya di Spotify. Jika kamu  tidak menggunakan aplikasi ini dengan versi premium, maka aplikasi ini akan menghubungkan kamu ke Youtube.

Jadi, aplikasi pendeteksi musik mana yang merupakan favotite kamu ? Selamat mencoba.