3 Aplikasi Yang Bikin Memorimu Lebih Longgar

Semakin hari, besar aplikasi semakin bertambah. Belum lagi cache atau sampah sistem ikut membuat memori gawai semakin kecil. Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak aplikasi yang menawarkan perangkat untuk membesihkan cache dan storage dari file yang tidak terpakai. Namun sayangnya kebanyakan aplikasi yang ada hanya menawarkan solusi sementara saja. Nah, kami sudah persiapkan beberapa aplikasi yang memang sudah teruji mengatasi masalah ini.  Berikut ini tiga aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kamu.

  1. CCleaner

Ini salah satu aplikasi pembersih yang paling banyak penggunanya. Terutama ketika menjadi salah satu perangkat lunak di PC atau notebook dalam menjalankan tugas “membersihkan” storage agar lebih memaksimalkan performa. Melihat kesuksesan itu, perusahaan pembual aplikasi ini, Pririform, membuatnya dalam versi bagi pengguna android untuk melakukan tugas yang sama. Seperti perangkat lunak di PC, versi andoridnya memliki beberapa fitur tambahan. Namun, versi tambahannya hanya bisa dinikmati jika kita membli versi berbayarnya.

  1. SD Maid

Tidak banyak yang tahu, ketika kita menginstall aplikasi, secara otomatis akan membuat folder di local storage andoroid kita guna menyimpan data yang kita unduh. Namun, ketika kita sudah mencopot pemasangan aplikasi tersebut, folder tadi tidak ikut terhapus. Tentu ini menjadi beban perangkat kita. Nah, tugas SD Main ini adalh mencari folder yang sudah tidak terpakai itu di dalam pernagkat dan kemudian menghapusnya. Selain itu juga, aplikasi ini mampu “menandai” aplikasi sistem, aplikasi ter-install, dan database mana yang sudah tidak terpakai dan bisa dihapus agar storage perangkat lebih lega. Tidak hanya itu, file duplikat juga bisa ditemukannya. Dan jika kamu siap beli versi berbayarnya, SD Maid menawarkan berbagai fitur menarik dan layak menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki perangkat andrpid dengan storage terbatas.

  1. Files Go (Beta)

Aplikasi ini adalah buatan Google resmi, sebuah aplikasi file manager yang tentu saja bisa diunduh langsung bagi pengguna android di play store. Meskipun fungsina sebagai pengatur file, aplikasi buatan mesin pencari paling banyak digunakan di dunia ini juga mampu membersihkan cache dan storage yang ada dalam perangkat android kita. Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah, dari palikias ini memungkinkan pengguna bisa memantau penggunaan data serta bisa menyarankan aplikasi mana saja yang tidak kita butuhkan untuk diunistall saja. Hal ini penting karena tak jarang kita menyimpan aplikasi yang tidak benar-benar kita butuhkan. Tak hanya itu, aplikasi ini menghadirkan fitur untuk mentransfer file tanpa memerlukan internet–seperti AirDroid dan ShareIt–dengan cepat dan mudah.