Tips Sederhana SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama pada Google.

Banyak hal yang menjadikan sebuah halaman pada sebuah website untuk menadi yang lebih baik di mesin pencarian, karena jika rank dalam google tinggi, maka semakin sering website tersebut dikunjungi. Banyak cara agar sebuah website mendapatkan ranking tinggi/page one

dalam mesin pencarian.

Berikut cara optimalisasi SEO pada sebuah website/blog atau konten online secara mudah tanpa membayar Jasa SEO yang mahal.

  1. Buatlah Judul Yang Sekiranya Orang Akan Mengetik Di Mesin Pencarian/Gunakan Judul Sesederhana Mungkin: Ini adalah contoh simple dari cara membuat web-mu bisa dicari/dikunjungi orang saat mencari di Google. Jika anda mengetik judul/kalimat di mesin pencarian, maka postingan saya akan berada pada page 1 google. Gunakanlah link/permalink yang baik. Banyak cara di settingan platform anda.

  2. Buatlah Konten Yang Baru/Konten Harus Up To Date: Memang susah untuk posting update tiap hari, apalagi macam blogger yang malas seperti saya ini. Dalam hal ini sebuah konten baru akan selalu dicari orang. Namun jika postingan anda adalah postingan tentang sebuah pengalaman melakukan/kegiatan sesuatu.Dalam judul tersebut, maka postingan anda akan terus dicari oleh user yang juga dicatat oleh mesin pencarian dari Google.
  3. Kecepatan Website: Nah, dalam hal ini kecepatan sebuah web akan mempengaruhi apakah websitemu berada pada posisi tertinggi dalam sebuah pencarian di Google. Banyak hal yang mempengaruhi sebuah website bisa cepat diakses, salah satunya adalah Hosting yang baik, Theme yang tidak terlalu aneh-aneh settingannya, Gambar yang terlalu banyak. Adalah hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan website agar websitemu cepat diakses.
  4. Daftarkan Webmu ke Google atau Bing webmaster tools: Saya tidak tahu apakah ini adalah salah satu cara agar website-mu bisa berada dalam track yang tepat/bisa di page rank google. Menurut saya, jika web-mu terdaftar pada Google atau Bing webmaster tools, maka secara tidak langsung web-mu sudah bisa keindex dalam mesin pencarian. Jika tidak, maka web-mu tidak akan di-crawling oleh robot mesin pencarian mereka.

  5. Gunakan Platform Yang Biasa Mesin/Robot Pencari Tahu: Ya, bahasa simplenya adalah, tidak perlu buat platform yang aneh-aneh, semisal CMS/coding platform sendiri(kecuali memang anda sudah cukup mahir dan tahu bagaimana memaksimalkan konten anda), jika anda seorang newbie, maka gunakanlah platform yang umum saja. WordPress dan Blogspot adalah platform yang umum untuk sebuah blog/website.
  6. Gunakan Plugin Yang Gratis Saja: Jika anda adalah sebuah webmaster/pemilik website yang cukup dana, anda bisa gunakan plugin yang berbayar untuk web anda. Banyak plugin gratis yang menurut saya cukup banyak membantu dalam mengangkat postingan/konten anda.
  7. Sebarkan Konten: Cara yang mudah dan sederhana jika konten anda ingin cepat atau bertambah dalam mesin pencarian. Apakah anda ingin pencarian postingan/konten anda organik atau tidak? Ya, sebarkanlah konten anda di semua platform social media anda. Jika ingin konten anda dapat dicari di page 1 dari google, gunakanlah platform media social yang google miliki, misalnya Google+, share saja postingan anda di sana.
  8. Sabar: Sabar adalah kunci jika ingin postingan anda berada di page rank nomer 1 mesin pencarian, apalagi jika kita(pemilik website) adalah seorang yang cekak dalam dana. Karena segala hal itu perlu proses, dan jika memang anda menjalankan dengan tepat maka segala hal yang ada punya/konten tersebut akan berada pada jalur yang benar/rank 1 google.

 

Nah, itulah sedikit tips dalam SEO yang sederhana, murah meriah tak perlu banyak mengeluarkan banyak dana agar konten anda bisa berada di ranking 1 mesin pencarian Google atau Bing.

 

dikutip dari masjun.com