3 Jejaring Sosial Yang Ampuh Naikkan Omzet Jualanmu!!!

Sudah saatnya kita memanfaatkan media sosial tidak hanya untuk ajang pertemanan saja namun menjadi sarana untuk berbisnis. Sudah banyak sekali produk baik barang atapun jasa diperdagangkan dan sangat marak di media sosial.marak dijual lewat sejumlah media sosial.

Seperti dilansir dari CNN Money, hampir semua pebisnis tercatat telah memanfaatkan media sosial guna meningkatkan profitnya. Terutama di Indonesia, kita bisa menemukan barang atau jasa yang mana hanya lewat facebook atau instagram saja. Cukup unggah foto dan detail barang yang jelas, calon pembeli akan datang dengan sendirinya.

Namun, hal ini tidak serta merta saja sekali unggah akan laku. Memang, banyak orang yang mengakui keampuhan penggunaan media sosial dalam meningkatkan prospek bisnis mereka. Nah, ini ada media sosial mana saja yang ampuh untuk jualan:

  1. Facebook

Salah satu media sosial terbesar ini, kita bisa menggunakan fitur percakapan, membuat acara, sampai menyebarkan iklan. Dan siapa saja bisa menggunakan media sosial ini. Maka, ini sangat bagus untuk membuat persona diri atau bisnis kita agar mendapatkan pembeli yang potensial. Nah, untuk memaksimalkan jangkaun, ketika mengunggah sesuatu di halaman facebook, kita dapat menambahkan ulasan singkat mengenai bisnis yang kita gelutiĀ  dan menghubungkannya dengan berita industri. Lalu akan terjadi umpan balik, kita bisa bertindak sebagai pribadi atau sebagai sebuah entitas bisnis tersendiri untu mendapatkan klien. Selain itu juga, patut dicoba iklan berbayar di facebook yang mampu menambah jangkauan unggahan facebook kita.

  1. Instagram

Ini adalah aplikasi yang beberapa saat lalu resmi dibeli oleh facebook. Aplikasi ini cukup unik, karena basis unggahannya adalah visual, baik foto ataupun video singkat. Jadi, bisnis kita bisa dikenalkan dengan mempromosikan brand dan merk tentu dengan logo dan foto yang begitu memukau. Menurut data SumAll, pendapatan yang dihasilkan oleh pengikut Instagram adalah 10 kali lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seorang pengikut Twitter. Selain itu, penggunaan tanda pagar/hashtag menjadi populer dalam mencari sebuah foto atau produk.

  1. Youtube

Pengunjung situs ini saat ini lebih dari 1 milliar setiap bulannya. Dan angka itu akan terus meningkat seiring berkembangnya dunia digital. Maka, situs ini sangat cocok membangun kredibitilast bisnis kita dengan menampilkannya secara lebih visual. Yaitu, video dengan durasi lebih panjang. Dan situs ini dapat digunakan dan diakses secara bebas oleh siapapun, tak terkecuali para pebisnis tentu saja. Mereka dapat merekam sendiri dengan menawarkan harga, periklanan yang menarik dan juga memacu kreativitas. Menurut co-owner Eli Rose Social Media, yaitu Liz Joste menuturkan bahwa untuk memaksimalkan situs ini, buatlah daftar dari 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan bisnis kita, dan jawab sendiri. Lalu pastikan mengoptimalkan video dengan kata kunci sebanyak mungkin. Sebaiknya juga jangan memposting video panjang, di bawah satu menit. Lalu fokus pada satu pertanyaan atau isu untuk satu video. “Tambahkan URL perusahaan Anda dan lin ke semua akun media sosial lainnya ke saluran Youtube,” tutur Jostes.