Olahraga Dan Menghibur Diri? Main Game Coba…

Kalo udah ngegame pasti sering banget jadi lupa waku. Iya enggak sih? Sebenernya main video game itu enggak harus lupa waktu sih. Kalo bisa dikontrol dan diatur dengan baik, game enggak cuma tentang hal buruk sebagai hasilnya. Bahkan malah sebaliknya. Bermain video game bisa memberi manfaat yang positif juga. Lagian, sekarang itu bermain game enggak cuma tentang permainannya. Sekarang juga tentang adrenalinnya. Tantangannya. Keseruannya. Dan juga yang paling baru itu tentang hadiahnya. Eh, kok hadiah? Apaan?

Beberapa tahun belakangan ini penggila game dari seluruh dunia sudah membuktikannya. Bermain video game tidak melulu tentang menang atau kalah dan akhirnya hanya sekedar hiburan. Tetapi juga sebagai salah satu mata pencaharian. Enggak percaya? Ngegame kok  bisa dapet duit? Hih! Makanya itu internetnya dipake… masa cuma buat stalking mantan muluk… eh, punya emang?

E-sports adalah jenis olahraga yang telah digaungkan selama beberapa tahun terakhir ini. Kejuaraannya pun ada. Banyak malah. Hampir setiap negara sudah ada. Termasuk Indonesia. Hadiahnya pun cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tapi dari mana sih dapetnya? Kebanyakan dari sponsor. Kalo enggak sponsor ya kejuaran-kejuaraan gitu. Nah. Maka dari itu, bermain game itu enggak melulu buruk! Selain bisa dapet hadiah, bisa juga melatih beberapa kemampuan kamu. Contohnya?

 

Strategi dan organisasi

Nih ya! Kalo kamu bermain game, kamu enggak akan cuma main aja. Mesipun itu game-game kecil, kayak Game House, atau Candy Crush gitu. Pasti bakal mikir dan menyusun strategi. Apalagi kalo gamenya udah agak berat gitu. Selain strategi, kamu juga harus bisa mengoragnisir juga. Kalo di Counter Strike, kamu harus mengorganisir apa yang kamu punya. Belum lagi game-game strategi lainnya. Dengan apa yang ada, kamu harus bisa mengalahkan lawan.

Untuk menyusunnya, kamu juga harus mengerti situasi kamu. Ya masa iya, mau nembak, eh, ada yang nembak juga. Akhirnya ya kalah deh. Kalo udah disusun semuanya, pasti harus juga siap siaga. Kalau-kalau musuh menyerang. Kalo udah gini, kamu juga harus cepat ngambil tindakan. Biar nantinya kamu enggak semakin terpojok. Yang kayak gitu tuh bakal berguna banget di kehidupan nyata.

 

Kreatif

Menyusun strategi itu enggak cuma mengandalkan otak kanan aja. Tetapi otak kiri juga. Biar nantinya, apa yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan baik. Dan rencana tersebut harus yang enggak bisa ditebak oleh lawan. Disini kreativitas muncul. Tambahannya, otak kiri dan otak kanan juga jadi seimbang.

 

Sendiri atau kelompok

Beberapa game memang mengharuskan pemainnya bekerja sendirian. Dia sendiri yang harus memikirkan strategi, mengoragnisasi resources, menyerang dan bertahan, dan mengambil keputusan. Tetapi dalam beberapa game yang lain, kamu dituntut harus bekerja sama dengan orang lain. Seorang pemain game tidak hanya mahir bermain sendiri, tetapi juga cerdas bermain secara berkelompok.

 

Jarang stres

Kalo yang ini pasti lah ya. Kamu bakal jarang banget stress. Otak kiri dan kanan menjadi seimbang karena kamu latih terus. Itu pun juga sama dengan kamu berolahraga, karena kamu juga banyak mengeluarkan tenaga. Kamu juga enggak stress tuh, karena pada dasarnya bermain game kan salah satu cara menghibur diri. Udah seneng, olahraga otak, banyak manfaatnya lagi!