OLAHRAGA ASLI BANGET DARI INDONESIA

Kamu pernah ga, nulis selain salah satu jenis olahraga di kolom “hobi” pas kamu lagi ngisi formulir? Formulir apapun. Kalo pernah, ya udah sih. Kalo ga pernah, ya udah juga. Kebanyakan orang memang menuliskan salah satu atau bahkan beberapa jenis olahraga ketika lagi ngisi sebuah formulir atau daftar apa gitu di kolom hobi. Memang dari kecil kita sudah diajarkan untuk terus berolahraga sih ya. Bahkan olahraga udah jadi salah satu mata pelajaran di sekolah. Katanya sih biar sehat. Katanya sih biar bugar. Biar ga gampang sakit. Biar selalu ada buat kamu…

Olahraga apapun jenisnya jika dilakukan dengan rutin, akan selalu membawa kebaikan bagi para pelakunya. Pasti. Dan semua olahraga tidak ada yang tidak baik. Entah itu jenis olahraga yang sudah berkembang lama di luar negeri ataupun olahraga asli dalam Negeri. Eh, emang ada ya olahraga asli Indonesia? Hih! Jangan salah! Ada kok. Ada yang dari dulu banget sampai sekarang masih ada dan terus berkembang. Sampai sampai masuk sebagai salah satu kejuaraan nasional (baca:Pekan Olahraga Nasional). Walaupun memang ada yang sudah tidak lagi dimainkan sampai sekarang karena beberapa hal. Kalo kamu penasaran olahraga apa aja sih yang masih dimainkan sampai sekarang, nih ada daftarnya di bawah.

Sepak Takraw
Banyak yang tidak percaya sih kalo olahraga ini emang asalnya dari Indonesia. Pacar aja sih yang dipercaya. Eh, pacar siapa? Memang olahraga satu ini menjadi perebutan banyak negara, terutama negara di Asia Tenggara. Mereka masing-masing mengklaim bahwa Sepak Takraw endemik dari negaranya. Walaupun memang bukti-bukti sejarah telah memberikan  hasil yang sangat meyakinkan kalau olahraga ini berasal dari Indonesia. Awal kelahirannya adalah dari Kesultanan Malaka pada tahun 1402-1511. Awalnya pun olahraga ini berkembang di daerah Sulawesi Selatan. Yang kemudian menjalar ke berbagai daerah lain di Nusantara maupun Mancanegara. Permainannya pun cukup sederhana. Tiap regu terdiri  dari tiga orang. Dan ketika bermain dilarang memakai tangan. Dan setiap regu hanya boleh melakukan maksimal tiga kali sentuhan. Jadi, hampir mirip banget sama bola voli.

Karapan Sapi
Naik sapi, kebut-kebutan. Woh! Seru pasti! Inilah yang terjadi di Madura. Sapi-sapinya dijadiin pacuan. Dua sapi diikat samping-sampingan, terus dikemudikan oleh orang yang ada dibelakangnya. Jadi semacam pacuan kuda, tapi ini dua sapi. Sapi lho! Ga percaya? Coba kamu ke Madura deh. Sapi yang biasanya cuma klemar-klemer kayak gitu bisa lari cepet banget. Ini adalah salah satu olahraga asli dari Indonesia. Yang kemudian dikenal dengan
nama Karapan Sapi. Kejuaraannya pun sekarang sudah berkembang sangat pesat. Piala Presiden pun diperebutkan. Piala! bukan kamu!

Pencak Silat
Tau Iko Uwais? Tau dong! Maddog atau Yayan Ruhiyan? Tau lah. Tau pencak silat? Olahraga ini memang baru muncul ataupun diberitakan secara luas oleh media beberapa tahun terakhir ini. Salah satu penyebabnya adalah olahraga ini digunakan sebagai media ekspresi di film-film laga. Pencak Silat sendiri sudah sangat berkembang sekarang dan memiliki berbagai organisasi yang berbeda-beda hampir di setap daerah di Indonesia dengan satu
nama IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) sebagai induk organisasi.