MAKIN TUA MAKIN TAK BERGIGI

Yang tertua bukan berarti yang digdaya. Sama seperti klub-klub di dunia. Banyak sekali klub-klub dunia yang memiliki umur sangat tua. Bahkan lebih tua dari kota yang kamu tinggali sekarang. Atau bahkan lebih tua dari umur hubunganmu sekarang. Sebagai salah satu olahraga terpopuler di dunia, sepak bola memiliki berbagai klub. Dan semuanya hampir mewakili satu daerah tertentu. Walaupun pada akhirnya klub tersebut juga mendatangkan pemain dari luar daerahnya bahkan dari luar negeri. Klub tersebut merupakan representasi dari daerah sekitarnya. Namanya pun selalu sama dengan daerah dimana klub tersbeut dibentuk. Sangat ikonik.

Tetapi tidak banyak klub sepak bola yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Bahkan banyak juga klub klub yang memiliki umur tidak lebih dari umur kotanya. Memang klub akan lahir jika ada kota atau daerahnya sih. Walaupun nyatanya ada juga klub yang memiliki sejarah yang begitu panjang, yang begitu tua. Bahkan mencapai lebih dari satu abad. Rasa-rasanya sangat lama sekali. Dan sampai sekarang klub-klub tersebut masih berlaga di liga tertinggi di daerahnya.

Dua kiblat awal munculnya sepak bola sangat identik dengan klub sepak bola yang sudah tua. Sebut saja kedua negara itu adalah China dan Inggris. Keduanya memang digadang-gadang menjadi negara tempat sepak bola dilahirkan. Walaupun demikian, Inggris masih unggul dalam sejarah klub sepak bola. Beberapa klub diantaranya memiliki usia yang lebih dari satu abad. Tua!

Nottingham Forest
Kalau kamu salah satu penggemar Premier League, kamu akan mengenali klub yang satu ini. Di era sekarang, klub ini sudah tidak lagi berada di kasta tertinggi di Liga Inggris. Walaupun memang beberapa tahun kemarin masih menghiasi klasemen liga. Tapi klub ini merupakan salah satu klub yang memiliki sejarah yang paling panjang dari klub liga inggris lainnya. Bahkan sudah berumur lebih dari satu abad. Bayangkan saja, Nottingham Forest lahir pada
tahun 1865. Ini saja sudah hampir mencapai dua abad. Dalam perjalanannya, klub ini baru masuk ke kompetisi liga pada tahun 1888 karena pada tahun-tahun sebelumnya masih tidak banyak klub yang tercatat dan berkompetisi di liga. Bahkan, klub ini telah mampu menyabet berturut-turut dua kali piala liga champions.

Stoke City
Hanya ada satu klub yang memiliki umur lebih dari satu abad, bahkan satu abad setengah yang masih bertahan di kasta teratas liga Inggris. Yaitu Stoke City, yang sebelumnya pernah diberi nama dengan Stoke Ramblers FC. Bahkan klub yang lahir pada 1863 ini mampu menjadi salah satu musuh besar bagi tim-tim besar. Dalam beberapa kali kesempatan klub ini mampu menahan bahkan mengalahkan klub-klub besar liga Inggris seperti Manchester
United, Chelsea FC, Arsenal, Manchester City dan beberapa klub besar lainnya.