KAMU LAGI NGAPAIN? OLAHRAGA YUK!

Kalo udah malem gitu, kamu biasanya ngapain sih? Pada kennyataanya, pertanyaan seperti ini bisa mengarah ke hal yang sangat bervariatif. Malam hari memang waktu yang paling pas untuk bertanya seperti ini. Waktu yang paling melankolik sepanjang hayat, kata penyair-penyair yang jadi-jadian jadi penyair. Meskipun kamu bekerja di shift malam, pertanyaan tersebut akan masih terus terkenang. Apalagi buat kamu yang sedang berburu untuk mendapat hati sang kekasih. Ya memang malam hari waktunya hati membuka pintu. Waktunya asmara berdendang merdu.

Ada banyak alasan kenapa malam hari memang menjadi waktu yang pas untuk melakukan hal yang kamu suka. Melepas lelah menjadi satu hal yang pasti. Setelah seharian berjiabku dengan kerjaan yang tak kunjung berkurang, malam menjadi waktu yang tepat menuju peraduan. Bagi mereka yang dari pagi sudah berangkat menuju kampus atau sekolah dan terus beradu dengan berbagai tugas bahakn ocehan ngalor-ngidul sang pendidik, malam tetap menjadi waktu favorit untuk melepas penat. Bahkan untuk memupuk semangat esok harinya. Apalagi kalau sudah bulan-bulan akhir tahun antara bulan november, atau bahkan oktober, sampai bulan Januari. Ga akan ada yang mau keluar dari tempat favorit, di rumah, di kamar kos, atau di penginapan. Hujannya nyebar magnet!

Walaupun sebenarnya ada banyak kegiatan atau aktifitas yang dapat kamu manfaaatkan ketika malam tiba, selain tentunya menyelesaikan tugas atau kerjaan yang tertunda, ga bikin rileks, malah nambah pikiran. Mulai dari merawat hobi atau kesukaan yang memang kamu pilih untuk hidupmu sampai berjalan-jalan atau nongkrong di tempat-tempat yang kamu rasa nyaman. Atau bahkan pergi bersama-teman kamu ke acara-acara atau kegiatan yang sedang hype di daerah kamu. Menambah rileks, menyenangkan dan tentunya bisa menambah teman. Kamu juga bisa manjadikan hobi kamu sebagai sumber pendapatan utama kamu nantinya. Udah seneng, dapet honor lagi? Surga dunia tuh!

Alternatif lain jika kamu memang sudah melakukan semuanya tetapi kamu masih punya waktu luang yang cukup. Atau kamu memang membutuhkan kegiatan lain yang dapat membantu kamu sebentar beranjak dari hobi atau membutuhkan transisi atau peralihan dari sepulang kerja, ngampus atau sekolah. Kamu bisa mulai dengan berolahraga. Tapi kan malam hari? Iya. Emang bisa gitu? Ya bisa. Emang ga papa gitu? Ya ga papa!

Ada banyak opsi buat kamu yang ingin melakukan aktifitas olahraga di malam hari. Kamu bisa mulai mencarinya di internet. Atau kalau ingin mendapat hasil yang lebih akurat atau terjamin, kamu bisa menanyakan ke dokter kesehatan atau temanmu yang memang menempuh minat atau memiliki keahlian di bidang olahraga tentang olahraga malam. Setelah kamu mendapat opsi yang baik dan latihan yang pas, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. Ga usah sok serem gitu. Ya emang kalo olahraga kan harus ada aturannya dan juga batasan-batasannya. Biasa aja deh….

Yang paling utama adalah tentang intensitas. Memang banyak yang berpendapat olahraga malam dapat memberikan dampak yang kurang baik. Tetapi itu jika dilakukan dengan berlebihan. Jika intensitas tidak dijaga, tubuh akan kelelahan dan bisa malah sakit karena malam hari pada dasarnya tubuh akan sedikit lelah karena kerja seharian. Lakukan olahraga yang menurut kamu tidak melelahkan dan tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga. Waktu juga memengaruhi. Minimal waktu yang tepat untuk melakukan olahraga adalah 2 jam sebelum tidur. Kalau kamu melakukannya tiga jam atau empat jam sebelum tidur akan sangat baik. Karena jika mendekati jam tidur dapat menyebabkan pegal-pegal atau bahkan insomnia. Ga bikin sehat malah bikin begadang.

Yang terakhir adalah minum air putih. perbanyak minum air putih setelah olahraga malam. Asam laktat adalah zat yang terbentuk dengan sangat cepat ketika kamu berolahraga, bukan hanya olahraga malam. Untuk menetralisirnya, air sangat membantu. Tubuh juga akan kembali ke suhu normal. Ketika kamu tidur pun setelahnya, tidak akan ada masalah dalam tidurmu. Jangan cuma nanyain ‘lagi ngapain’ aja ke gebetan, ajakin olahraga juga. Biar sehat!