Kamu Bisa Olahraga Di Atas Kendaraaan Lho!!!

Bangun kesiangan. Enggak sempat sarapan. Mandi seadanya. Ban kendaraan bocor. Hih! Kerjaannya siapa nih? Hayo ngaku… belum lagi macet! Hadeh… Ini nih momok utama yang jadi musuh bebuyutan orang-orang yang hidup di kota-kota besar. Macet seakan enggak mau ngalah. Tiap hari pasti selalu muncul. Bahkan setiap harinya bisa berkali-kali macet. Bahkan juga makin hari enggak malah menurun macetnya, eh malah makin banyak. Malahan, ada yang mau ngejadiin trotoar tiga ruas, biar motor enggak ngehalangin jalur yang bikin macet. Huh!

Nah, kalo udah gini, waktu di jalan jadi bertambah. Ya kan? Bisa tua di jalan nih. Capeknya itu sebenarnya bukan pas kerja. Tapi ya pas di jalan itu. Capek badan. Capek mata. Capek energi. Capek hati lagi. Bikin emosi! Apalagi pas berangkat kerja atau sekolah di pagi hari. Hewan di kebun binatang bisa keluar semua tuh. Eh, ga ada di kebun binatang deng. Kalo udah gini, kita bakal banyak banget kehilangan waktu. Apalagi waktu buat olahraga. Bisa-bisa enggak sempet olahraga juga nih. Bisa berabe kalo udah gini. Walaupun sebenernya kamu bisa juga olahraga meskipun kejebak macet. Apalagi kalo kamu berangkatnya naik mobil. Bisa banget berolahraga. Daripada duduk terus. Entar malah jadi boyoken, mending olahraga.

 

Latihan kepala

Macet itu bisa bikin stres loh. Iya sih kecil stresnya tapi kan kalo tiap hari makin lama apa enggak makin banyak tuh. Nah, daripada stres karena macet. Mending enakin aja. Kamu bisa coba mendinginkan kepala dengan latihan kepala. Sebenarnya kamu udah sering melakukannya, terutama di sekolah.

Yang pertama itu dengan tengok kepala ke kanan. Dari pandangan ke depan terus ke kanan, terus balik lagi ke depan. Sebanyak lima kali. Terus bales ke kiri. Ke kiri terus ke depan, terus ke kiri lagi, terus ke depan lagi. Gitu terus sampai lima kali putaran. Kalo udah, ganti ke atas. Pandangan ke depan, terus ke atas. Sebanyak lima kali. Balas ke bawah. Sebanyak lima kali juga. Sedehana kan? Itu penting banget buat otot leher kamu.

 

Latihan Punggung

Kamu bisa mengambil latihan punggung dari senam. Kalo pendinginan kan pasti ada gerakan-gerakannya tuh. Nah, kamu bisa coba mencontoh dari itu. Tetapi tentu saja dengan sedikit modifikasi biar nantinya kamu bisa mempraktikkannya di mobil. Atau bahkan di motor. Pas macet parah.

Kamu bisa mulai dari duduk tegak. Mulailah menjauhkan badan dari jok menuju ke depan, atau ke stir. Tahan selama lima detik. Terus kembali lagi. Oiya, kakinya lurus ke depan yak. Jadi, nanti kalo udah kembali ke posisi semula, kamu juga bisa meregangkan kakimu. Jadi kayak ngulet gitu. Lakukan sebanyak lima kali putaran, setidaknya. Terus yang kedua, mulai juga dengan duduk tegak. Ambil nafas dan tahan. Bungkukkan punggung menuju tulang belakang. Hitung sampai lima detik. Kembali ke posisi semula dengan tetap menahan nafas. Setelah di posisi semula, buang nafasnya. Lakukan selama lima kali putaran juga.

Nah, ada beberapa latihan kan. Daripada kamu harus membuka kandang kebun binatang, mending olahraga deh. Lebih rileks, santai, dan lebih bisa mengontrol diri.