GAK CUMA BERENANG, DI PANTAI KAMU JUGA BISA LARI!!!

Heh! Kita ini di pantai lo! Kamu ngapain sih! Kamu yang ngapain! Masa di pantai mau main
air ala-ala doang. Lari dong! Kalo ke pantai, bermain air memang menjadi salah satu
kegiatan favorit. Udah banyak yang gitu. Dan ya emang itu sebenarnya tujuannya ke pantai.
Iya tau, udah sering ngajakin ke pantai, tapi begitu balik, yaudah ditinggal lagi. Beberapa
juga ada yang bermain pasir atau memang lebih suka berjemur atau bersantai ria di bawah
payung sewaan. Masa bawa payung sendiri? Gede lo! Eh, bawa sendiri ya?

Kamu sebenarnya juga bisa memanfaatkan pantai sebagai salah satu tempat kamu
berolahraga. Kalo renang jelas ga bisa, la wong ombaknya aja segitu gedenya. Surfing?
Emmm, gimana yak… emmahal! paling sederhana, sebagai alternatif kamu ketika sedang
berlibur ke pantai, adalah dengan berlari. Kegiatan yang satu ini memang terlihat sangat
sederhana dan sangat terjangkau. Tidak perlu peralatan tambahan, tidak perlu suasana yang
khusus, pokoknya gampang. Selain itu kalo kamu berlari di pantai, kamu akan mendapat
perngalaman yang lebih buat nantinya kamu coba lari di jalan biasa atau aspal. Selain bisa
lebih deket sama si doi, kamu juga bisa menjaga badan kamu agar tetap sehat dan tentunya
doi juga lebih sehat. Kalo diajakin sih sama doi…

Kalau kamu tertarik lari di pantai, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kok? Iya.
Karena memang berlari di aspal dengan berlari di pantai punya beberapa perbedaan. Kalo di
aspal lebih ringan. Kalau di pantai, lebih berat karena pasirnya itu. Makanya kalo udah
terbiasa lari di pantai, lari di aspal jadi jauh lebih ringan. Eh, perhatikan! Kamu bisa mulai
berlari di pasir yang basah. Pasir yang basah itu permukaannya hampir sama dengan
datarnya aspal. Jadi, akan lebih mudah. Kamu bisa memulainya dengan cara interval. Coba
sepuluh menit di pasir yang basah dulu, kemudian ganti atau pindah ke pasir kering. Ini biar
kamu terbiasa dulu dengan pasir keringnya. Biar klop gitu sama kakinya..

Kalau sudah di pasir yang basah dan menurut kamu cukup, dan kamu sudah bisa mengatur
nafas kamu, langsung mulai di pasir yang kering. Oiya, entah pasir yang kering atau pasir
basah yang kamu jadikan latihan tadi, pastikan kalau permukaannya datar. Iya sih, pantai
kebanyakan emang datar. Tapi, pastikan itu beneran tidak miring. Caranya? Kamu bisa
mencoba berjalan dulu menyusuri pantai itu. Rasain itu miring apa enggak. Kalo emang
miring, cari yang lebih datar. Biasanya semakin kamu menepi, menjauh dari bibir pantai,
permukaan akan jauh dari bergelombang. Biasanya lho ya. Soalnya kalo kamu berlari di
permukaan yang miring, kemungkinan kamu cidera akan lebih besar. Kalau udah cidera, bahaya. Jadi terlihat enggak garang gitu di depan doi….

Yang penting itu, kamu mencoba dulu. Kalau nanti capek dan kamunya ga nyaman, ya
berhenti dulu. Ga papa istirahat dulu, la wong ga ada yang maksa kok. Tapi berlari di pantai
juga sangat bermanfaat untuk menjaga ketahanan tubuh kamu. Jadi, ya… lari lagi yuk…