Catur Itu Olahraga. Titik!

Eh, gerakan apa tuh? Ini olahraga. Kok olahraga gitu? La emang olahragamu gimana? Kalau perbincangan tersebut diteruskan, sampai tiang listrik ngaku ga salah apa-apapun, enggak akan pernah habis. Karena memang pedebatan tentang apa itu olahraga tidak pernah ada habisnya. Gampangnya, coba lihat dari pemakaian kata yang dipilih. Olah dan raga. Ketika kita melakukan olahraga, kita akan mengolah raga kita. Kita akan menggerakkan raga kita. Tetapi sejauh mana? Raga yang mana saja? Nah, ini akan muncul perdebatan-perdebatan baru. Tidak akan ada habisnya. Yang jelas, kalau kamu nyaman dengan apa yang kamu lakukan dan dapat memabantumu untuk menjaga kebugaran juga kesehatan, maka sudahlah. Itu sajalah.

Perdebatan tentang apa itu olahraga ini juga sampai pada cabang-cabang olahraga yang ada. Beberapa cabang atau jenis olahraga bahkan masih dipertanyakan apakah termasuk olahraga atau bukan. Yang plaing feomenal dan menimbulkan banyak sekali pertanyaan adalah apakah catur masuk ke dalam olahraga atau bukan. Nah! Catur itu olahraga bukan? Kalo di bilang olahraga kok gerakannya gitu doang. Cuma duduk doang. Tangannya mungkin yang gerak itu pun dikit banget. Tapi kalo bukan olahraga kok ya itu bisa bikin capek. Bisa menjaga kebugaran. Bisa bikin sehat. Walaupun memang ksesehatan dan kebugaran yang dituju sangat spesifik, yaitu otak.

Terlepas dari itu semua, dalam berbagai kejuaran olahraga, baik secara nasional maupun internasional, catur memang dipertandingkan. Itu juga menjadi bukti bahwa catur telah disepakati oleh banyak orang menjadi salah satu cabang olahraga. Tetapi, kok bisa? Hih! Ngeyel!

 

Olahraga otak

Merujuk kepada penggunaan kata ‘olahraga’ yang berasal dari kata olah dan raga, catur juga termasuk ke dalamnya. Ketika bermain catur, otak adalah salah satu raga yang sedang diolah. Memang secara kasat mata, otak tidak terlihat sedang diolah, tetapi dalam jangka panjang pengolahan otak dapat sangat memengaruhi kebugaran serta kesehatan jasmani begitu juga rohani. Selain itu energi yang diperlukan ketika sedang bermain catur sangatlah besar. Duduk selama berjam-jam tanpa harus berdiri atau pun berjalan-jalan dapat membuat fokus dan konsentrasi menurun. Tetapi di sinilah olahraga tersebut dipertandingkan.

 

Olahraga strategi

Ketika kita sedang bermain suatu permainan atau olahraga, yang sangat berperan adalah taktik dan strategi. Hampir setiap pertandingan pasti ada saat dimana kita diharuskan membaca permainan lawan, baik dari rekaman video, stastistik, atau catatan-catatan lain. Yang kemudian diperoleh suatu strategi dan juga taktik yang dapat dilakukan untuk mengalahkan lawan. Catur sendiri juga sangat berkaitan dengan strategi dan taktik. Mempersiapkan setiap langkah dengan sangat matang adalah satu taktik yang perlu dilakukan. Belum lagi mempersiapkan rencana A, B, C dan seterusnya.

 

Tuh! Catur olahraga kan. Emang ga keliatan efeknya, tapi otak sangat berpengaruh kan. Belum lagi, catur bisa dimainin dimana aja dan siapa saja. Nah, masih pengen ngeyel lagi?