BERENANG; BANYAK LEBIHNYA DARIPADA KURANGNYA

Olahraga, olahraga apa yang paling diminati sama manusia? Lari! Lari dari kenyataan…

Kenyataannya memang banyak yang memilih lari daripada mengahadapi. Tetapi kalo menghadapi penyakit, kesehatan adalah tameng utama. Ada banyak hal yang membuat kita akhirnya sangat merasakan dampak baik dari kesehatan yang terus terjaga. Kerja lancar, rejeki mulus, dan juga jodoh, semoga, cepat datang.

Kesehatan sangat berkaitan erat dengan cara hidup. Kalau kamu bisa mengelola hidup dengan baik, menurut keadaan masing-masing karena memang kita sendiri yang tahu kadar hidup kita, kesehatan akan selalu hinggap. Salah satu fondasi yang dapat menyokong pengelolaan hidup kita adalah dengan berolahraga. Makan dengan sehat dan baik sudah dilakukan. Tetapi jika tidak dibarengi dengan olahraga yang juga baik, tubuh akan lemas dan bahkan malas untuk melakukan hal-hal yang sepele sekalipun.

Setiap orang memiliki pola latihan untuk berolahraga yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki jenis olahraga yang menurut mereka, atau dokter mereka, paling cocok dengan keadaannya. Ada yang suka bermain futsal di malam hari, ada yang suka jogging setiap pagi, atau ada juga yang suka berenang. Ya, renang! Ada banyak sekali orang yang percaya bahwa renang memang dapat memberikan dampak yang lebih positif dari beberapa olahraga rutin lainnya. Kalaupun mereka memiliki olahraga rutin, seperti sepak bola, futsal, basket, ataupun atletik, renang selalu dijadikan sebagai keharusan. Karena memang ada limpahan mafaat ketika kita selalu menyempatkan diri untuk berenang setiap minggunya.

Kalau kamu pernah nonton film animasi “Avatar”, bukan yang biru-biru itu, kamu akan bisa tahu kalau pengendali air akan memiliki jiwa yang lebih tenang dan lebih dingin. Air yang memiliki sifat menenangkan menjadikan berenang sebagai salah satu olahraga yang memang memiliki dampak lebih besar dari jenis olahraga yang lain. Pada dasarnya, sejak dulu, air dijadikan sebagai sumber kehidupan bahkan air memiliki kandungan yang sangat penting untuk tubuh. Penyokong utama metabolisme tubuh. Kekuatan air juga dapat memengaruhi suasana hati atau mood kamu. Apalagi jika kamu bisa berenang di alam terbuka. Semakin dekat dengan alam, semakin tenang pula hati dan pikiran kamu, apalagi dengan berenang. Selain sehat tentunya dapat mengobati dari segala macam stress atau tekanan.

Renang juga merupakan salah satu olahraga yang memiliki presentase cidera lebih kecil daripada jenis olahraga yang lain. Ketika berenang, kamu tidak akan sendirian menyokong tubuh. Kamu akan ditemani oleh air. Karena kamu punya teman, atau pasangan lah ya buat yomblo-yomblo, ketika kamu terkilir atau keram, kamu tidak akan langsung jatuh, yang dapat memperburuk keadaan, karena air menjadi penopang utama. Itu juga kenapa banyak orang tua yang lebih memilih berenang sebagai rutinitas utama daripada jenis olahraga yang lain. Walau memang air juga menjadi lawan yang kuat ketika kamu sedang mengayunkan tangan atau menggerakkan kaki saat sedang melakukan gerakan enang. Air terus melawan karena memang air memiliki sifat menekan benda yang mengenainya. Ini juga membuat renang menjadi salah satu olahraga yang mengharuskan aktornya untuk memiliki koordinasi tubuh yang baik antara kepala, tangan, dada, dan kaki untuk terus bergerak dan menghindari tenggelam.

 

Segera belajar buat renang ya…