ALTERNATIF LIBURAN BUAT KAMU YANG SUKA MEMACU ADRENALIN!

Berlibur tidak melulu ke tempat-tempat yang jauh atau indah. Berolahraga termasuk juga salah satu aktifitas liburan. Senang dan rileks adalah efek yang utama jika dapat memilih jenis olahraga yang pas. Selain itu, kesehatan juga dapat dijadikan alasan utama mengapa kita memilih olahraga sebagai salah satu aktifitas liburan. Gokart menjadi salah satunya. Gokart memang tidak se-terkenal Formula 1 atau se-familiar Nascar, tapi Gokart menawarkan sensasi yang hampir sama. Adrenalin. Kita dipacu untuk terus berkonsentrasi sepanjang sirkuit untuk dapat memenangkan pertandingan. Selain sebagai olahraga itu sendiri, olahraga ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif liburan.

Apa sih enaknya gokart? Olahraganya dimana? Gokart memiliki sistem permainan yang hampir sama dengan olahraga balapan lainnya. Konsentrasi adalah mesinnya. Fokus, kelihaian, kesigapan menjadi pendukungnya. Setiap unitnya, Gokart termasuk jenis matik. Jadi, selain berkonsentrasi untuk terus berada di sirkuit dan juga strategi untuk mendahului lawan, olahraga ini juga memerlukan kesigapan untuk berpindah dari gas menuju rem dan juga sebaliknya. Udah harus sigap, harus fokus lagi. Udah kayak ngejar jodoh aja nih. Gokart ini biasanya dimainkan di sebuah sirkuit. Ada sirkuit ruang tertutup dan ada juga sirkuit ruang terbuka. Kalau ruang tertutup kebanyakan sirkuitnya agak pendek. Dan kebanyakan akan ada banyak kelokan karena satu tempat besar dijadiin sebuah jalan yang cukup panjang. Jadinya ya dibuat muter-muter atau banyak beloknya. Kalau ruang terbuka, akan lebih bebas. Tentunya lebih lebar. Kamu bisa nyalip lewat kiri atau pun kanan. Belokannya juga banyak, jadi kamu bisa tuh ber-slalom ria di tengah balapan. Satu lagi, akan ada beberapa kali, mungkin tidak lebih dari dari dua kali, jalan lurus. Jadi, kalo kamu sempat tertinggal pas di belokan, kamu bisa tuh langsung tancap gas buat nyalip lawan kamu di jalan lurus.

Sama dengan segala bentuk aktifitas, termasuk liburan dan juga olahraga, ada beberapa hal yang seharusnya kamu lakukan sebelum naik Gokart ini. Keram menjadi hal yang sangat dihindari ketika sedang berolahraga. Apapun olahraganya, termasuk Gokart ini. Untuk menghindarinya, kamu perlu pemanasan dulu. Meskipun kayaknya Gokart itu tinggal duduk, terus gas, rem, gas, rem, kalau tidak pemanasan bisa mengakibatkan kaki kamu keram karena otot belum cukup siap untuk berolahraga. Pemanasan sudah, saatnya cek kelengkapan. Kalau sepak bola, kamu perlu sepatu, jersey, kaos kaki, deker, dan lain sebagainya, Gokart juga memiliki perlengkapan tersendiri. Helm menjadi satu piranti yang sangat wajib untuk digunakan selain sepatu, kaos tangan, atau bahkan body protector. Setelah semuanya siap, pelajari gas dan rem gokartnya. Meskipun kamu bermain Gokart hanya untuk bersenang-senang, membiasakan dulu dengan gas dan rem sebelum menggunakannya akan lebih baik lagi. Meskipun hanya sebentar.

Sebenarnya, ada banyak olahraga yang bisa kamu nikmatin ketika sedang berlibur. Gokart hanya salah satunya. Tetapi yang paling penting, patuhi aturannya ya…