10 Fakta Menarik Tentang Nicky Hayden

Lebih jauh, berikut fakta menarik Nicky Hayden yang telah dirangkum redaksi kanal Bola Liputan6.com.

1. Pria bernama lengkap Nicholas Patrick Hayden ini memiliki dua saudara laki-laki Tomy dan Roger Lee yang juga berprofesi sebagai pembalap motor

2. Nicky menggunakan nomor 69 dalam kendaraan yang dipakainya berlaga. Nomor tersebut adalah nomor yang sama yang pernah digunakan oleh ayah Nicky, Earl.

3. Hayden memulai debutnya di dunia balap pada tahun 1999 di ajang kejuaraan AMA. Pada ajang tersebut dia keluar sebagai juara AMA 600 Supersport dan mendapat penghargaan AMA Rookie of the Year serta AMA Grand National Dirt Track Rookie of the Year.

4. Sebelum naik kelas ke MotoGP, Di tahun 2002, Hayden menjuarai AMA Superbike 2002.

5. Debutnya di MotoGP terjadi pada 2003 silam saat Hayden berusia 22 tahun. Dia bergabung dengan tim Honda yang saat itu memiliki juara dunia 2001 dan 2002, Valentino Rossi. Pada musim inilah Hayden langsung menyabet gelar Rookie of The Year.

6. Hayden naik podium pertama kali pada 2005 saat jadi pembalap tercepat di GP Amerika Serikat. Mulai musim inilah namanya mulai diperhitungkan di jajaran pembalap papan atas.

7. Semusim kemudian, tahun 2006, Hayden sukses meraih gelar juara dunia bersama Repsol Honda dengan mengalahkan Valentino Rossi. Dia unggul lima poin dari Rossi dengan cara yang dramatis, yakni penentuan di seri balapan terakhir.

8. Di sepanjang musim balapan 2006, Hayden hanya memenangkan dua seri, yaitu GP Belanda dan GP Amerika Serikat. Di posisi kedua ada Valentino Rossi yang naik podium lima kali sebagai pembalap tercepat.

9. Gelar milik Hayden pada 2006 menandai kegagalan Valentino Rossi untuk memecahkan rekor juara dunia di kelas premier dalam enam musim beruntun.

10. Usai jadi juara dunia, performanya terus menurun. Dia pensiun dari MotoGP pada 2015 bersama tim Aspar Racing dan kembali menekuni kelas Superbike.