Tips Menghasilkan Kaldu Yang Kaya Akan Umami

Air kaldu merupakan salah satu bahan yang bisa menciptakan rasa gurih pada masakan, meskipun kita hanya menggunakan sedikit pelezat. Secara umum ada 4 jenis kaldu, yaitu kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan, dan kaldu sayuran yang bisa dipakai untuk jenis masakan yang berbeda-beda.

Tulang adalah bagian yang paling pas untuk menciptakan kaldu yang gurih. Terlebih lagi bagian tulang kaki sapi yang ada sumsumnya. Sementara itu untuk membuat kaldu ikan dari udang, gunakan bagian kepala dan kulitnya. Kalian bisa menyangrainya sebentar di wajan agar bau amisnya hilang, lalu rebus dengan air sampai mendidih, dan saring.

Untuk menghasilkan kaldu yang bening, kental, dan berumami, ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan ketika memasak. Nah, berikut ini tips untuk menciptakan kaldu yang bening, gurih, dan lezat.

  1. Rebus tulang dalam air dingin, lalu masak dengan api kecil selama 1 – 3 jam hingga keluar kaldu bening. Mengawali perebusan dengan air dingin membuat dagingnya terbuka dan kaldunya akan keluar semua. Memasaknya dengan api besar akan membuat kaldu terhambat keluar karena tulangnya sudah matang terlebih dahulu. selain itu sumsum dan sisa darah yang terlepas dari tulang dapat membuat kaldu menjadi keruh dan amis.
  2. Ketika membuat kaldu dari iga, buntut, atau daging berlemak lainnya, yang harus kalian lakukan pertama kali adalah blansir terlebih dahulu, yaitu dengan cara merebusnya sampai mendidih, buang air rebusan, lalu rebus kembali dengan api kecil sampai keluar kaldunya
  3. Jangan masukkan tulang mentah ke dalam air kaldu yang sudah panas atau mendidih.
  4. Untuk menciptakan kaldu rempah yang bening, rempah dibungkus dengan kain tipis atau sebelum dicelupkan ke dlam air. Lalu rebus dengan kondisi panci tertututp untuk menghindari uap yang berlebih, karena akan mempengaruhi aroma kaldu. Terakhir yaitu bersihkan busa, lemak dan rempah yang mengambang di permukaan dengan cara menyendoknya.
  5. Jangan pernah mencampur kaldu yang sudah jadi dengan air dingin, karena akan membuat kaldu mudah basi dan berubah rasa dan aromanya.
  6. Jika kalian ternyata kaldu yang dihasilkan berbau amis, kalian bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daun bawang, seledri, atau kulit wortel, kentang dan bawang bombay.

Itu tadi tips untuk menciptakan kaldu yang lezat dan kaya akan umami. Tunggu sampai dingin, simpan dalam toples kedap udara  dan masukkan ke dalam freezer. Kalian bisa menggunakannya di kemudian hari sebagai campuran ketika memasak mie, sup, atau rica-rica dan dijamin masakan kalian akan terasa lebih lezat.