Tips Diet Nasi Yang Gak Bikin Kamu Kekurangan Energi

Bagi sebagian perempuan menjaga tubuh agar tetap langsing dan tampak ideal adalah sebuah keharusan. Namun, bukan berarti kamu juga harus mengabaikan kesehatan dan kebutuhan tubuhmu terhadap kalori. Meskipun nasi disebut-sebut sebagai makanan yang dapat menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi secara berlebihan, namun karbon hidrad yang terkandung dalam nasi tetap dibutuhkan tubuhmu sebagai sumber energi. Intinya sih bukan tentang nasinya, tetapi kebutuhan terhadap kalori, sehingga kamu gak mesti memperolehnya melalui nasi. Berikut adalah beberapa makanan sumber kalori pengganti nasi yang kaya akan energi namun rendah lemak:

Jagung

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang kaya akan energi. Dalam 100gr, jagung mengandung 140 (Kkal) energi dan 1,3  gr lemak. Dibandingkan dengan nasi, jagung memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Cara penyajiannya juga beragam, kamu tidak mesti memasaknya seperti nasi, tetapi energi dari jagung dapat kamu peroleh melaui masakan seperti satur asam atau sup, yang tentunya dimasak dengan jagung.

Kentang

Meskipun di Indonesia kentang belum familiar sebagai makanan pengganti nasi dan lebih dikenal sebagai campuran sup dan sambal sebenarnya kandungan energi yang tergandung dalam kentang cukup tinggi. Kentang mengandung 83 (kkal) energi dengan kandungan lemak yang sangat rendah yaitu 0,1 per tiap 100gr. Selain itu, kentang merupakan bahan makanan yang bisa dibuat beragam jenis pengolahan.

Talas

Di beberapa daerah, tanaman talas juga dikenal dengan sebutan keladi. Kandungan energi yang terkandung dalam buah talas tidak berbeda jauh dengan kentang yaitu 96 (kkal) energi per tiap gramnya dan juga kandungan lemak yang rendah yaitu 0,3 per tiap 100 gr. Untuk makanan yang satu ini, kamu bisa nyobain kolaknya lho, rasanya gak kalah sama kolak sukun yang aduhai.

Pisang

Buah yang satu ini, selain rasanya yang enak juga cara konsumsinya yang simple bikin jadi lebih special. Karena gak hanya untuk diet, makan pisang juga bisa menghemat waktu di saat-saat tertentu. Tidak seperti jenis makanan sebelumnya yang umumnya harus dimasak terlebih dahulu, buah pisang bisa kamu konsumsi langsung tanpa harus memasak atau mengolahnya. Namun, bukan berarti gak bisa diolah menjadi aneka masakan lho… siapa yang gak kenal pisang goreng, kolk pisang atau pisang bakar sih?

Sukun

Siapa yang pernah makan sukun goreng atau kolak sukun? Pasti kamu ketagihan kan? Nah, buah yang satu ini selain kaya akan energi juga mengandung protein yang tinggi lho. Kandungan energi yang terdapat dalam 100 gr buah sukun mencapai 126 (kkal) kaori, 1,6 protein dan 0,2 lemak, sehingga dapat memnuhi kebutuhan tubuh akan energi.

Singkong

Buat yang masih menganggap singkong sebagai makanan kelas bawah pasti belum pernah ngerasain sensasi singkong keju. Makanan yang satu ini sebenarnya sudah sangat akrab dengan lidah kita orang Indonesia, karena sangat mudah kita peroleh dan harganya juga sangat murah. Namun, sedik yang mengetahui bahwa sebenarnya kandungan energi yang terkandung dalam kentang justru lebih besar dari kentang. Setiap 100gr singkong mengandung 146 (kkal) energi dengan kandungan lemak yng rendah yaitu 0,3 per tiap gramnya.

Jadi sekarang kamu gak usah takut lagi bakal kekurangan energi karena menghindari makan nasi, karena ada banyak makanan lain yang bisa kamu jadikan penggantinya.