SENSASI MAKAN BESAR DI MIE AYAM PALEMBANG AFUI

Adakah diantara kalian yang suka makan dalam porsi jumbo dan murah? Jika kalian sedang di Jogja, kalian akan menjumpai banyak rumah makan yang menyajikan makanannya dalam porsi jumbo, seperti bakso klenger ratu sari yang terkenal dengan bakso raksasanya, lumpia boom, dan mi ayam palembang afui. Jika kalian penggila makan besar untuk dihabiskan sendiri, maka mie ayam palembang afui wajib kalian coba.

Warung mie ayam palembang afui buka pukul 10.00 – 19.00, lokasinya terletak di babarsari, Jl. Tambak Bayan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Tak sulit mencarinya, karena warungnya berada di sepanjang jalan dan didominasi warna biru. Porsinya beragam, mulai dari mi ayam porsi biasa, mini jumbo, jumbo, super, dan yang paling besar adalah porsi monster. Pilihan makanan pendampingnya beragam, seperti bakso, pangsit, dan  tekwan. Sebagai gambaran, porsi super adalah porsi untuk empat orang. Tapi kalian harus menghabiskannya sendirian ketika memesannya.

Mie ayam palembang afui memiliki tekstur mi dan rasa yang berbeda dengan mi ayam pada umumnya. Jika mie ayam biasanya identik dengan kuah coklat dengan toping ayam bumbu kecap, mi ayam palembang afui menggunakan kuah bening yang disajikan terpisah, sementara diatas mie ditaburkan daun bawang sebagai pengganti bawang merah goreng dan irisan ayam yang dibumbu gurih. Jika kalian penggemar makanan asin dan gurih, mie ayam ini sudah pasti cocok di lidah. Ukuran mienya kecil dan kering, sehingga porsi besar tak akan membuat kalian yang menyantapnya terasa eneg.

Harga yang dipatok tak mahal, mulai dari 6.000 rupiah untuk porsi biasa, hingga 23.000 rupiah untuk porsi mie monster. Itulah kenapa, makan di tempat ini sangat direkomendasikan bagi mahasiswa yang ingin makan porsi jumbo, dan tetap aman di kantong. Namun khusus untuk porsi super dan monster diharuskan dimakan di tempat dan ketika sisa boleh minta dibungkus untuk dibawa pulang. Saran untuk makan disini adalah pesanlah sesuai kemampuan makan kalian, dan usahakan untuk selalu minta dibungkus ketika makanan masih tersisa banyak.