Pancong, Si Udik Yang Menjadi Hits

Jagat perkulineran memang tak pernah berhenti bergerak. Banyak olahan tradisional tempo dulu yang kembali populer dengan beberapa inovasi tampilan dan rasa. Salah satunya yaitu kue pancong khas betawi. Resep kue pancong aslinya berbahan dasar tepung terigu dan kelapa (santan dan kelapa parut) yang disebut pancong bandros. Biasanya kue pacong hanya dijual menggunakan gerobak keliling. Rasanya cenderung gurih dengan toping gula merah diatasnya.

Dalam perkembangannya, ternyata kue ini juga enak disantap saat dipadukan dengan berbagai toping. Tak hanya itu, varian rasa dalam adonan kue pancongpun banyak dikembangkan. kini kue tradisional ini tak lagi dijual kelililng. Banyak orang yang melihat tren ini sebagai ceruk bisnis yang menjanjikan dan mulai mendirikan gerai dengan menu utama kue pancong. Selain itu, kue pancong juga disajikan sebagai menu di cafe dengan berbagi varian rasa dan toping yang beragam nan melimpah.

Berikut ini beberapa kedai yang menjual kue pancong untuk kalian coba :

  1. Pancong Moluccas

Di sini kalian bisa memesan kue pancong dengan berbagai toping dan tingkat kematangan yang sesuai selera. Pilihan toping yang ditawarkan  diantaranya yaitu nutella, toblerone, chocochips. Kedai pancong Moluccas terletak di Jalan Akses UI, Depok tepatnya di depan perpustakaan Universitas Gunadarma. Tak hanya menikmati manis dan legitnya pancong, kalian bakal betah nongkrong lama karena tersedia beberapa terminal listrik dan akses wifi. Harga perporsinya cukup bersahabat, mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 22.000.

  1. Pancong Mang Dadang dan Mang Kumis

Warung pancong ini tak pernah sepi pengunjung, karena terkenal dengan rasanya yang enak. Varian rasa dari kue pancong disini yaitu original, keju, stroberi, sarikaya, nanas, dan kacang. Harga perporsinya mulai dari Rp. 1.500 hingga Rp. 9.000 saja. Sangat murah bukan? Warung kue pancong Mang Dadang dan Mang Kumis bisa kalian temukan di Jalan Komodo Raya, Depok Jaya, Depok atau persis di samping kantor Kelurahan Depok Jaya.

  1. Pancong Bro

Warung yang berada di dekat kampus Binus menyajikan olahan kue pancong dengan tampilan yang menarik. Menu yang direkomendasikan yaitu pancong Dark Chocolate Cheesy. Harga perporsi kue pancong berkisar antara Rp. 13.000 hingga Rp. 17.000.

  1. Pancong rawabelong

Jajan pancong disini selain memuaskan lidah dan perutmu, juga aman di kantong. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 5000 sampai Rp. 12.000 dengan porsi yang banyak. Warung yang buka selama 24 jam ini terletak di Jalan Sulaiman, dekat kampus Binus Anggrek.

  1. Pancong lava

Cobalah untuk menikmati pancong disini, dan temukan sensasi nyaman menikmati seporsi pancong dengan pilihan toping sesuai selera. harga perporsi pancong mulai dari Rp.6000, dan jika ingin menambahkan toping, kalian perlu menambah Rp.4000 hingga Rp.8000. warung pancong lava bisa kalian temukan di Jalan Margonda Raya No. 491, Beji, Depok.