Menikmati Sajian Kuliner Pedas Khas Manado

Manado merupakan salah satu kota yang paling ramai di Sulawesi selain Makassar. Manado bahkan menempati peringkat 6 sebagai pulau wisata terbaik se-Asia Tenggara dan Pasifik. Kekayaan alamnya yang istimewa menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin berkunjung ke Manado. Selain menjadi surga wisata alam, kota manado juga memiliki ragam kuliner yang tak terhitung jumlahnya. Berkunjung ke manado, rugi rasanya jika tidak mampir untuk mencicipi beberapa hasil olahan makanannya.

  1. Tinutuan

Tinutuan adalah kuliner wajib yang harus kamu coba ketika berlibur ke manado. Makanan ini dibuat dari campuran berbagai sayuran hijau, dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Tampilannya memang sedikit berantakan, karena campuran dari berbagai warna. Tinutuan sangat pas disantap dengan dabu-dabu (sambal) ikan roa (ikan terbang), atau dabu-dabu bakasang (fermentasi perut ikan). Tapi percayalah, begitu mencobanya, kalian tak akan berhenti untuk menelannya hingga kenyang.

Saking populernya, kuliner ini kini bisa dengan mudah kalian temukan di berbagai kota di Indonesia. Namun jika kalian sedang di manado, datangilah wakeke, ada puluhan warung makan mulai dari yang sederhana sampai mewah menawarkan menu tinutuan. Pusat kuliner tinutuan ini berada di pusat kota yang menawarkan kelezatan tinutuan dengan aneka variasinya. Di manado, tinutuan selalu disajikan di berbagai acara, sehingga diakui sebagai masakan perekat persaudaraan.

  1. Woku blanga

Woku blanga merupakan salah satu cara orang Manado mengolah ikan. Disebut blanga karena memasaknya di dalam belanga yang terbuat dari tanah liat. Sedangkan woku adalah campuran bumbu daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi dan ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya sehingga beraroma wangi dan bercitarasa pedas dan terasa segar. Woku blanga umumnya berbahan dasar berbagai jenis ikan dan seafood seperti ikan seperti ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, termasuk kepiting dan udang. Di manado, woku blanga disantap sebagai menu sehari-hari. Maka tak heran jika kalian banyak menemukan menu ini di berbagai warung di manado.

  1. Nasi kuning

Manado juga memiliki olahan nasi kuningnya yang khas. Perbedaannya yaitu pada lauk pelengkapnya yang berupa irisan ikan cakalang, irisan daging sapi, dan telur rebus yang sudah dibumbui. Nasi kuning khas Manado biasanya disajikan atau dibungkus dengan daun woka (sejenis janur).

  1. Dabu-dabu

Sebagaimana masyarakat Indonesia pada umumnya, bagi orang manado, makan tanpa sambal berasa ada yang kurang. di manado, cabe diolah menjadi dabu-dabu atau disebut juga sambal. Varian dabu-dabu yaitu berupa dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong dan dabu-dabu lilang yang disajikan sebagai pendamping olahan ikan bakar.

  1. Sambal Roa

Sambal roa ialah salah satu jenis sambal khas manado yang dibuat dari campuran cabe dan ikan roa (sejenis ikan terbang) yang telah diasap sebelumnya hingga kering. Sebelum dicampurkan, ikan ditumbuk terlebih dahulu hingga sangat halus, lalu dimasak dengan sedikit minyak. Bahan sambal yang digunakan yaitu cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam serta gula, kemudian ditumis.

  1. Pisang goreng

Di manado memiliki cara unik untuk menikmati pisang goreng, yaitu menyantapnya dengan ditemani sambal roa. Jenis pisang yang sering digunakan yaitu pisang goroho, yang digoreng hingga garing sebelum pisangnya matang. Menyantap pisang ini lebih nikmat ditemani dengan secangkir kopi atau teh hangat di sore hari.

  1. Gohu

Gohu merupakan sejenis asinan yang terbuat dari daging buah pepaya mengkal yang diiris kecil memanjang. Pembuatannya yaitu dengan cara mencampurkan irisan buah pepaya kedalam larutan cuka, air, cabe yang dihaluskan, gura aren, bakasang (fermentasi telur/perut ikan), dan jahe. Rasa yang diciptakan dari proses fermentasi ini adalah asam, manis, dan pedas yang hanya akan kalian jumpai di Manado saja.

  1. Es brenebon

Selain makanan, manado juga memiliki minuman khas nya yaitu es brenebon. Brenebon adalah sebutan untuk kacng merah, yang menjadi bahan dasar minuman ini. Kalian bisa menjumpai minuman ini di Rumah Makan Es Miangas yang tepat berada disamping Jembatan Miangas, yang sudah puluhan tahun setia menyajikan es brenebon sebagai menu utamanya.