Mencicipi Ayam Lodho, Kuliner Legendaris Khas Trenggalek

Kuliner nusantara memiliki banyak refrensi untuk olahan ayam yang dimasak santan. Jika kalian berkunjung ke Jawa Timur, khususnya daerah Tulungagung dan Trenggalek, kalian akan disuguhkan olahan ayam khas yang luar biasa sedapnya, namanya Ayam Lodho. Rasanya sangat gurih dan pedas dengan kuah santan kental berwarna kuning kecoklatan yang cantik dan sedikit berminyak. Aroma khas asap dari arang dan lamanya proses memasak semakin menambah cita rasa kelezatannya dan meresap hingga ke tulang. Ayam lodho biasanya disajikan bersama dengan nasi uduk dan sayur urap atau gudangan.

Masakan ayam lodho terbuat dari ayam kampung yang telah dipanggang atau dibakar lalu dimasak kembali menggunakan santan yang dipadu dengan berbagai macam rempah sepert b­awang merah, bawang p­utih, kunyit, jahe, k­encur, serai, lengkua­s, dan beberapa bumbu­ lainnya. Proses memasak ayam lodho sangat lama  dengan api kecil di atas tungku batu. Bahan bakarnya menggunakan kayu dan arang, hingga bumbunya merasuk ke dalam daging dan tulang dan santannya mulai mengering dan kental. Proses memasak ini disebut dengan kothok. Biasanya ayam lodho akan diendapkan semalaman untuk dipanaskan kembali dan disajikan keesokan harinya. cara ini akan membuat rasa gurih masakan ini semakin purna.

Seiring dengan dipopulerkannya kembali kuliner tradisional nusantara, kini ayam lodho semakin banyak dijumpai. Di kota-kota besar di luar provinsi Jawa Timur seperti Yogyakarta, rasa olahan ayam lodho juga tak jauh dari tempat asalnya. Namun, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Trenggalek atau Tulungagung, untuk menyantap ayam lodho dengan rasa yang khas dan original. Kalian bisa mampir ke rumah makan Ayam Lodho Pak Yusuf yang legendaris.

Ayam Lodho Pak Yusuf telah berdiri sejak tahun 1987. Resep yang digunakan turun temurun, konsisten, dan tak berubah kelezatannya.  Warungnya bisa kalian temukan di di Jalan Raya ­Kedunglurah Km 20,1, ­Kecamatan Pogalan, Ka­bupaten Trenggalek, J­awa Timur. Tak mudah mencarinya karena berada di pinggir jalan utama kabupaten dengan plang berwarna kuning yang besar. Satu porsi nasi Ayam Lodho dapat kalian nikmati dengan harga mulai dari Rp 20.000. Sementara untuk satu ekor ayam utuh harganya mulai dari Rp 80.000. dalam penyajiannya kuah santan disajikan terpisah dan ditemani dengan urap yang di Trenggalek disebut kulupan. Ketika pulang, jangan lupa untuk membungkus satu ekor ayam sebagai oleh-oleh di rumah, karena menyantap satu porsi ayam lodho ini dijamin akan membuatmu ketagihan.