Membuat selai, Seni Lain Menikmati Buah

Saat musim buah tertentu, terkadang kita bingung untuk menghabiskannya. Disantap biasa sudah bosan, dijadikan jus terlalu biasa. Kalau tidak segera dimakan menjadi busuk dan menambah-nambah sampah dapur.  Maka cara lain untuk tetap bisa menikmati buah-buahan dan menyimpannya dalam  waktu lama yaitu dengan mengolahnya menjadi selai.

Beberapa orang mengolah dan mengkonsumsi selai sebagai bagian dari gaya hidup, terutama untuk menghindari menghasilkan sampah dapur yang lebih banyak. Mengolah buah menjadi selai juga tidak perlu ribet dan membutuhkan waktu lama. Buah-buahan tropis termasuk yang bisa kalian olah menjadi selai seperti  buah naga, strawbery, mangga, jambu, nanas, sirkaya, durian, nangka, alpukat, dan kurma. Bahan dasar membuat selai hanya membutuhkan bahan-bahan pokok berupa gula, kayu manis, dan air lemon atau jeruk nipis. Namun kalian bisa berkreasi dengan menambahkan bahan lain seperti vanili, susu kental manis, atau madu.

Berikut cara pembuatan selai :

Pertama, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu buah yang ingin dijadikan selai, gula, kayu manis, air lemon/ jeruk nipis dan sedikit garam.

Kedua, potong atau buah menggunakan garpu atau blender. Masukkan ke dalam panci anti lengket agar tidak gosong, masak dengan api kecil.

Ketiga, sambil mengaduk tambahkan gula sesuai selera, air perasan jeruk lemon, dan sedikit garam. Koreksi rasa.

Keempat, masak hingga mendidih dan kandungan air menyusut, lalu matikan api.

Kelima, tunggu sampai dingin lalu masukkan selai ke dalam toples. Agar selai tidak berjamur, pastikan toples sudah steril, yaitu dengan merebusnya di dalam air mendidih lalu keringkan. Selanjutnya kalian bisa simpan selai di kulkas, dan selalu gunakan sendok bersih setiap kali mengambil selai.

Mudah sekali bukan cara membuatnya? Setelah ini kalian tak perlu khawatir saat persediaan buah melimpah. Selain mendapatkan kelezatan dan kesegaran buah dalam bentuk selai, kalian juga sudah berkontribusi dalam mengurangi sampah dapur rumah tangga loh. Apalagi kalau kalian bisa menyulapnya menjadi pundi-pundi uang. Hanya dengan percantik kemasan, dan gunakan bahan yang berkualitas untuk menarik pembeli. Selai buatanmu kini tak hanya menjadi penyelamat dapurmu, namun juga penyelamat kantongmu. Selamat berkreasi!