Makanan-makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba

Bali tidak hanya menawarkan eksotisme Nusantara seperti keindahan garis pantai dan juga kebudayaan yang sangat unik. Namun, kuliner khas Bali adalah salah satu yang terbaik yang diciptakan bangsa ini. Daya tarik kuliner khas Bali ini terkenal dengan racikan bumbu-bumbu yang kuat serta pedas. Nah, apa saja yang mesti lidah kita rasakan ketika berkunjung ke Bali? Yuk, simak beberapa rekomendasi dari kami:

 

  1. Sate Lilit

Sebagaimana namanya, lazimnya sate dagingnya ditusuk. Namun, sate lilit ini dibuat dengan dililitkan atau dibalutkan dagingnya ke tusuk sate. Unik sekali. Sebelum dililitkan, daging dicincang halus terlebih dahulu dan diracik dengan bumbu-bumbu khas Bali, yang hanya ditemukan di Bali. Setelah itu, daging dililitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Soal rasa? Jangan sekali-kali meragukannya. Empuk gurih dan tiada banding. Terlebih yang menggunakan batang daun serai, kita akan merasakan sensasi bau wangi yang sungguh sedap. Dan daginya bisa dipilih sesuai selera, ada yang menggunakan daging ayam, babi, dan juga ikan tenggiri. Namun, yang paling banyak peminatnya dan menjadi primadona lidah pengunjung adalah menggunakan daging ikan tenggiri.

  1. Ayam Betutu

Sangat diharuskan menikmati hidangan satu ini ketika menginjakkan kaki di pulau Dewata. Siapa yang tak pernah mendengar Ayam Betutu? Karena masakan ini sudah menjadi identitias Bali itu sendiri. Dan Ayam Betutu ini seolah diciptakan Tuhan bagi penyuka pedas. Tidak hanya pedas saja, namun berlimpah rempah-rempah yang bikin ketagihan. Namun, jika kamu bukan penyuka pedas, jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati ini. Karena tidak semua tersaji pedas. Proses makanan satu ini cukup unik, awalnya bumbu dan rempah-rempah dimasukkan ke dalam perut ayam pilihan, lantas dagingnya dibungkus daun pisang dan kemudian dipanggang dengan bara api sekam. Proses pemanggangan ini membutuhkan waktu hingga 24 jam. Dan hasilnya sungguh sangat bikin ketagihan, gurih, lembut dan sangat otentik citarasanya.

  1. Lawar Kulir

Dari namanya unik sekali. Lawar adalah campuran sayur mayur dengan daging cincang yang diramu khusus menggunakan bumbu dan rempah-rempah khas Bali. Pada umumnya masyarakat sekita daging yang diolah adalah babi. Namun, jika tidak mengkonsumsi babi, campuran dagingnya menggunakan bebek entog. Prosesnya, daging yang sudah dicincang dan dicampuri dengan potongan sayuran sepertu kacang panjang dan parutan kekapa kemudian dilumuri bumbu khas Bali. Rasanya sungguh sedap. Lebih lengkapnya lagi, Lawur Kuwir ini disantap dengan nasi putih yang masih hangat dan sate lilit, kacang tanah dan suwiran ayam betutu serta semangkok jukut ares (sayur batang pisang)