Makan Khas Jawa Barat Yang Mesti Kamu Coba, Yang Terakhir Kamu Pasti Suka!

Jawa Barat termasuk salah satu pusatnya kuliner Nusantara. Dan kuliner-kuliner ini mungkin akan kita temui di sekitar kita. Karena kuliner khas Bandung tersebar dimana-mana. Terutama Yogyakarta, kuliner khas Jawa Barat cukup banyak disajikan dan begitu signifikan peminatnya. Nah, apa saja kuliner khas Jawa Barat yang harus kita coba:

1. Tutug Oncom

Berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Tutug Oncom ini terbuat dari nasi yang diaduk dan diolah dengan campuran oncom goreng ataupun bakar. Tentu penasaran apa arti “Tutug”, dalam bahasa Sunda berarti “menumbuk”. Ya, karean proses pembuatan makanan khas ini dengan diaduk dan juga ditumbuk antara nasi dan oncom. Maka dinamailah Tutug Oncom. Kamu juga bisa membawa pulang makanan ini sebagai oleh-oleh, karena seiring perkembangan zaman Tutug Oncom ini diolah sedemikian rupa dan bisa bertahan cukup lama tanpa pengawet tentu saja.

2. Comro dan Misro

Terbuat dari parutan singkong, kemudian diebntukmenjadi bulat dan diberi isian. Bedanya, bagian dalam Comro biasanya diisi dengan sambal oncom yang gurih, sedangkan Misro diisi dengan gula merah yang lumer dilidah ketika digigit. Setelah diisi, kemudian digoreng dan disajikan dengan nikmat. Comro sebenarnya adalah singkatan dari “oncom di jero”(oncom di dalam) dan misro berasal dari singkatan “amis di jero” (manis di dalam). Kedua makanan ini menjadi salah satu cemilan yang enak, lezat dan populer di masyrarakat, apalagi menyantapnya selagi hangat.

3. Peuyeum

Nama lain dari sebuatn tape di Jawa Barat adalah Peuyeum. Makanan ini sangatlah populer menjadi oleh-oleh khas ketika usai berkunjung ke Jawa Barat. Makan ini rasanya manis yang dioleh melalui prose sfermentasi. Peuyeum memiliki dua jenil yang berbeda dilihat dari bahan dasarnya. Ada yang terbuat dari singkong disebut Peuyeum Sampeu. Sedangkan yang terbuat dari beras ketan disebtu Peuyeum ketan. Rasanya yang enak dan sangat terkenal ini rasa-rasanya kurang lengkap jika pulang tidak membawa oleh-oleh ini.

4. Colenak

Unik sekali, ya, namanya. Colenak adalah singkatan dari bahasa sunda yang berarti ‘dicocol enak’. Colenak dibuat dari tape singkong yang dibakar kemudian disantap dengan cara dicocolkan ke gula jawa yang sudah dicarikan dan diberi taburan parutan kelapa menambah kelegitan. Ketika proses memasaknya, kandungan gula yang terkandung dalam tape membuatnya mudah gosong. Meskipun demikian, banyak orang mengatakan itulah bagian terbaiknya.

Setidaknya keempat makanan ini wajib dicoba ketika berkunjung ke Jawa Barat. Tentu masih banyak yang lainnya. Karena kuliner Khas Jawa Barat sangatlah banyak dan tak kalah enak. Namun, silakan dicoba dulu dan rasakan kenikmatannya.