Macam-macam Jenis Soto, Yang Mana Yang Pernah Kamu Coba?

Soto merupakan makanan yang identik dengan kaldu dan sayuran. Setiap daerah pasti mempunyai sebutannya masing-masing untuk jenis makanan satu ini, berikut racikan khas yang berbeda tiap daerah. Seperti soto lamongan yang dalam pembuatan kuah kaldunya dicampur dengan tulang ikan tongkol. Di kota besar seperti Jogja / DIY kalian akan menjumpai varian olahan soto di berbagai sudut kota, bersama dengan sebutan khas daerahnya. Nah, bagi kalian para penikmat soto, tentu memiliki list warung soto favorit. Berikut 3 warung soto di Jogja yang perlu untuk dicicip.

Soto Lamongan Cak Eko

Warung soto ini terletak di Jalan Kemiri, Nologaten, Jogja. Sebagai makanan yang cocok disantap sebagai sarapan, warung ini buka sejak pukul 06.30. Sangat mengakomodasi bagi kalian yang harus berangkat kerja pagi-pagi, namun belum sempat sarapan.

Di warung ini tersedia dua pilihan porsi, sedang dan besar. Cak eko sepertinya tau bagaimana kondisi lambung manusia yang sering terserang sindrom indomie, satu bungkus kurang, 2 bungkus kekenyangan.  Untuk kalian yang memesan porsi besar, soto yang disajikan sudah cukup mengenyangkan. Karena penyajian soto lamongan identik dengan taburan koya, inilah yang membuat warung soto ini istimewa. Kalian bisa menambahkan koya sesuka hati. Satu hal lagi yang membedakan warung ini dengan yang lain yaitu sambalnya menggunakan campuran cabe dan tomat. Harga yang dipatok untuk porsi sedang Rp. 7000 dan Rp. 8000 untuk porsi besar.

Soto Pak Zaenal

Jika kalian menyukai soto dengan kuah kental penuh rempah, soto pak zaenal adalah satu yang perlu kalian coba. Selain kuah kaldunya yang kaya rasa, daging ayamnya juga sangat lembut. Bahkan untuk menyantap ceker, kalian tak membutuhkan banyak kesulitan untuk memisahkan daging tipis yang menempel di tulang. Di warung soto ini, kalian bisa memilih bermacam-macam menu, seperti soto ayam ceker, sayap, tulang,  dan soto daging sapi. Bagi pecinta soto ceker, silakan datang pagi-pagi sebelum jam 10 sebelum kehabisan ya.

Warung soto pak zainal bisa kalian jumpai di di Jalan Soepomo, Janturan, Umbul harjo, selatan Kampus 3 UAD. Terletak di lokasi yang strategis dan kawasan mahasiswa, membuat warung ini selalu ramai pelanggan. Untuk setiap porsinya, soto pak zainal dibandrol harga 8 sampai 10 ribu. Warung ini buka dari jam 07.00 hingga jam 15.00

Soto Batok Mbah Katro

Warung soto satu ini pasti sudah tidak asing untuk siapapun yang sedang di Jogja, yaitu soto batok mbah katrok. Warung yang buka dari jam 06.00 ini berada di lokasi candi sambisari desa Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Satu porsi soto batok mbah katro dibandrol dengan harga Rp. 5000 saja.

Sesuai namanya, soto batok mbah katro disajikan dalam mangkok batok, berisi potongan daging sapi dengan kuah bening yang gurih. Kalian dianjurkan memesan minimal dua porsi, karena menyantap satu porsi soto ini akan kurang memuaskan, baik bagi lambung maupun lidah kalian. Saat kesini cobalah untuk memesan tempe goreng garit yang gurihnya tak bisa kalian lupakan. Dan rasakan sensai menyantap soto diiringi gemerisik daun padi dan semilir angin di tengah sawah.