Kekayaan Rasa yang Terdapat di Dalam Semangkuk Bubur Pedas

Jika mendengar kata bubur pedas, pasti yang terlintas di benak anda adalah bubur nasi dengan suwiran daging ayam dan cabe yang banyak sera rasa pedas yang berlevel-level. Namun, bubur pedas kali ini berbeda, bubur pedas yang rasanya belum tentu padas karena opsi cabe bisa disesuaikan denga selera. Hampir seluruhnya berbeda dari bubur pada umumnya, mulai dari bahan hingga proses pembuatan yang unik.

Bubur pedas khas Pontianak yang dimaksud terdiri dari beras yang disangrai lalu ditumbuk halus, namun jangan sampai jadi tepung. Kelapa parut yang juga disangrai dan ditumbuk halus. Tetelan sapi yang diiris kecil-kecil lalu direbus. Beragam sayur-mayur seperti kacang panjang, wortel, jagung, kangkung, pakis, tauge dan rebung yang masing-masing diiris tipis dan kecil-kecil. Lalu untuk memberikan sensasi rasa yang lebih spektakuler campurkan daun kesum, sebagai campuran wajib tanpa daun kesum, meskipun semua bahan lengkap raanya tidak akan sebagaimana bubur pedas.

Untuk bumbu cukup campurkan daun salam, serai, bawang merah, bawang putih dan merica yang ditumis sampai tercium aroma sedap. Sedangkan untuk pelengkap tambahkan kacang tanah goreng, ikan teri, bawang goreng serta jeruk nipis saat sudah dihidangkan.

Dari bahan-bahan tersebut anda sudah bisa membayangkan kelezatan dan kekayaan rasa yang terkandung dalam semangkuk bubur pedas khas Pontianak. Jadi, jika anda berkunjung ke Pontianak, jangan lupa mencicipi bubur pedas ya. So amazing gaes….