Ini Dia Jenis-jenis Makanan Pengendali Asm Lambung

Pernahkah kalian mengalami sensasi tidak nyaman di sekitar perut dan dada? Atau ketika perut terasa panas, kembung, mual, dan ingin muntah? Mungkin saja itu disebabkan oleh asam lambung yang naik. Mengalami hal itu tentu akan menghambat produktivitas harian kalian bukan? Mengonsumsi makanan seperti cokelat, makanan berlemak, makanan pedas, buah yang asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih dapat memicu naiknya asam lambung.  Nah, sebelum memutuskan untuk minum obat-obatan penurun asam lambung, ada baiknya kalian mencoba mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini.

 

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat yang dapat berfungsi sebagai penyerap asam lambung. Disamping itu, mengonsumsi oatmeal dapat membuat kalian kenyang lebih lama.

  • Jahe

Jahe disukai karena sensasi hangatnya yang muncul ketika dikonsumsi. Namun siapa sangka ternyata jahe juga berfungsi mengurangi risiko naiknya asam lambung lho. kandungan anti-inflamasi yang dimiliki oleh jahe, membuatnya mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi obat alami bagi penderita asam lambung atau maag. Kalian bisa mengonsumsinya dengan cara digeprek dan seduh dengan air panas. Memanggang jahe sebelum diseduh dapat mengeluarkan aroma wangi yang lebih kuat.

  • Lidah buaya

lidah buaya termasuk salah satu tumbuhan yang dipercaya berfungsi sebagai penyembuh alami dalam berbagai masalah kesehatan, salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit asam lambung. Kalian bisa mengonsumsinya dengan cara menyeduhnya dan tambahkan madu sesuai selera.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus memiliki  kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung dan melindungi lapisan kulit lambung.

  • Daging tanpa lemak

Karena makanan berlemak dan berminyak tidak disarankan, maka jika Anda ingin mengonsumsi daging, ikan, atau makanan laut lainnya, disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, dan diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

  • Pisang

Dengan kandung pH sekitar 5,6 di dalamnya, pisang menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Selain pisang, buah lain yang dapat dikonsumsi antara lain buah pir, apel, atau melon.

  • Roti

Roti mengandung banyak vitamin, nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan lambung. Untuk mengonsumsi roti sebaiknya pilihlah yang memiliki kandungan gandum atau ragam biji-bijian di dalamnya.

Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, mulailah untuk mengurangi kebiasaan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Seperti menghindari tiduran setelah makan, makan dalam porsi besar atau hingga kenyang, kurangi merokok, dan mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol. Salam hidup sehat!