Ini Dia Daftar Makanan Yang Dapat Memperpanjang Umurmu

Menghindari penuaan dan hidup lebih lama merupakan dambaan semua manusia. Hal ini dibuktikan melalui semakin menjamurnya produk anti aging dan usaha katering dengan jargon kesehatan yang semakin banyak pelanggan.

Memiliki umur yang panjang memang harus ditunjang dengan pola hidup yang sehat pula. Banyak cara untuk mendapatkan umur yang panjang, salah satunya yaitu dengan memperhatikan apapun yang kita konsumsi dan masuk ke dalam tubuh kita.makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat memperpanjang usia dan menghindarkan kita dari penyakit serius. Dibawah ini terdapat beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu memperpanjang hidup seseorang jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Oat meal

Oat meal merupakan gandum utuh yang bisa dikonsumsi bersama susu, buah atau makanan ringan lainnya. Oat meal kaya akan Antioksidan dan kandungan polifenol yang dapat membantu aliran darah lebih baik. Manfaat lain dari oatmeal ialah berperan dalam penurunan berat badan, kadar gula darah rendah dan memperkecil risiko penyakit jantung.

  1. Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat seperti memperbaiki fungsi otak, menurunkan lemak, dan menurunkan risiko terkena kanker. Kandungn senyawa bioaktif dalam daun teh berfungsi sebagai antioksida yang dapat membantu mengurangi pembentukan radikal bebas di dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan dan berperan dalam pengurangan proses penuaan.

  1. Dark chocolate

Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam dark chocolate bisa mengurangi peradangan yang berhubungan dengan penuaan dan membantu mencegah pembekuan darah.

  1. Sayur brokoli dan asparagus

Brokoli mengandung zat pencegah kanker dari bahan kimia seperti sulforaphane. Mereka yang rutin mengonsumsi brokoli memiliki hidup lebih lama daripada mereka yang diet tanpa sayuran.

Sementara kandungan glutathione, yang merupakan senyawa antioksidan dalam sayur asparagus dapat menurunkan risiko penyakit jantung, demensia dan kanker. Asparagus juga sumber folat yang dapat menjaga otak sehat saat tua.

  1. Kacang-kacangan

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa makan hanya segenggam kacang setiap hari dapat membantu memperpanjang hidup seseorang. Kacang-kacangan kaya akan antioksidan yang membantu mengendalikan radikal bebas. Orang yang mengonsumsi kacang memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit seperti diabetes dan kanker.

 

  1. Buah-buahan

Banyak mengonsumsi buah-buahan juga merupakan cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan hidup lebih lama. Beberapa buah yang mengandung antioksidan tinggi antara lain yaitu keluarga berries,  apel, tomat dan buah bit.

  1. Ikan laut

Bagi kalian yang suka daging, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan ikan laut. Makan ikan merupakan sumber penting asam lemak omega-3 yang membuat jantung dan otak kita tetap sehat, melindungi penurunan fungsi kognitif dan mengurangi peradangan. Asam lemak omega-3 ini bisa ditemukan di setiap jenis ikan, namun sangat tinggi pada ikan berlemak. Beberapa pilihan yang baik adalah salmon, ikan trout, ikan sarden, herring, mackerel, ikan tuna, dan tiram.

  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa membantu mengatur tekanan darah.

  1. Kimchi

Kimchi mengandung probiotik yang dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Kandungan bawang putih dalam pembuatan kimchi juga menyumbang antioksidan yang tinggi.

Kalian memang bisa hidup sehat dan lebih lama dengan mengonsumsi makanan di atas. Namun, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan pola hidup sehat lainnya seperti olah raga yang teratur, berfikiran positif, dan berbuat baik. Yang terakhir ini, tak hanya hidup lama, namun juga bermakna.