Beberapa Alasan Kenapa Kamu Gampang Lapar

Tubuh itu kalo engak banyak digerakkin bisa bahaya! Iya. Bahaya. Kok bisa? Karena otot-otot enggak pernah dilatih. Dan ketika otot-otot jarang dilatih, jadinya lemak bakal tertumpuk. Nah, kalo udah banyak lemaknya, rencana buat diet gagal total. Padahal kamu, udah menjaga asupan makanan, mengatur jadwal makan. Tapi kalo enggak olahraga, ya sama aja! Padahal olahraga merupakan salah satu cara biar otot dapat digerakkan dan dilatih. Biar yang lemak bisa tetap jadi otot. Walaupun begitu, ya harus seimbang juga loh. Ya sering olahraga, ya makannya juga dijaga. Jangan olahraga mulu, tapi makannya tetep aja enggak dijaga. Ya sama ajaaaa….

Makan emang udah jadi kebutuhan dasar manusia. Kamu bisa enggak, enggak makan sama sekali selama beberapa hari? Bisa sih, kalo emang keadaannya gitu. Tapi paling tidak pasti ada asupan apa gitu yang masuk, entah, gorengan, roti, sate usus, sosis, krupuk, atau apalah. Pasti ada aja yang dikunyah. Nah, padahal udah ada yang masuk, tetep aja masih ngerasa lapar. Terkadang malah, padahal baru aja makan, eh udah laper lagi? Pernah enggak kamu ngerasa kayak gitu? Banyak lapernya? Eh, sering lapernya? Kalo pernah, kok bisa gitu yak?

Enggak usah kaget kamu… kamu enggak sendirian kok. Ada banyak orang lain yang begitu juga. Sering laper padahal ya baru makan. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang mendasari kejadian seperti itu. Nih!

 

Lupa sarapan

Kalo yang ini entah lupa atau enggak sarapan. Mungkin buat kamu yang ngekos, sarapan menjadi sunnah yak. Atau makruh malah? Kebanyakan mereka akan lebih memilih sarapan digabung dengan makan siang. Enggak baik ini  sebenarnya, tapi ya mau gimana lagi. Faktor kesibukan jadi yang paling utama. Kerjaan atau tugas banyak, jadinya sarapan enggak sempet. Padahal sarapan adalah salah satu yang paling penting untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Apalagi yang mengandung protein. Karena sebenarnya, kamu itu bakal ngerasa kenyang lebih lama kalo makan yang berprotein tinggi.

 

Kurang tidur

Kalo sudah asyik dengan pekerjaan, sampai-sampai lupa dengan tidur. Pernah kan kamu? Nah. Ini juga dapat menyebabkan kamu ngerasa sering laper. Ini ya, kamu tidurnya malem banget, pagi bahkan. Terus bangun kamu kesiangan. Terus ilang deh kesempatan buat sarapan. Ada lagi. Kalo kamu kurang tidur, produksi hormon Gherlin kamu bakal meningkat. Hasilnya, kamu bakal sering banget ngerasa lapar. Begitu kamu bangun, kamu bakal ngerasa butuh asupan karbohidrat yang banyak banget.

 

Dehidarasi

Banyak nih yang berpendapat gini nih. “kamu enggak lapar, kamu hanya haus!” nah. Ini bener banget nih. Yang terjadi di dalam badan kamu itu sebenarnya bukan lapar atau membutuhkan asupan. Tetapi lebih dengan kamu itu sedang dehidarasi. Haus! Pas kamu ngerasa lapar, coba kamu minum. Segelas aja. Gelas yang normal tapi. Setelah itu tunggu beberapa saat. Nikmatin. Rasain. Masih laper enggak. Kalo enggak, ya berarti kamu haus. Kalo masih ya berarti kamu laper! Ehhehhee….