Ayo Buat Butterbeermu Sendiri!

Kalau kalian suka atau setidaknya pernah menonton film Harry Potter, pasti kalian tak asing dengan minuman legendaris satu ini. Butterbeer. Minuman ini adalah menu beverage yang paling sering dipesan oleh murid-murid Hogwarts, dan juga favorit Harry, selain jus labu. Butterbeer adalah minuman penghangat tubuh dengan sedikit kandungan alkohol di dalamnya. Bahan utama pembuatan ini adalah mentega asin dan gula merah.

Di Indonesia setidaknya ada 5 cafe yang menyediakan butterbeer dalam menunya. Berikut listnya

  1. Chef Tony’s Popcorn (Thamrin). Di sini butterbeer diolah menjadi minuman yang pas disajikan bersama dengan popcorn yang lezat.
  2. Warung EXITO (Serpong Utara). Seperti cafe pada umumnya, terdapat beberapa camilan di warung EXITO. Untuk menemani camilanmu, kamu bisa pesan seporsi butterbeer non-alkohol di sini.
  3. Eat Happens Food Place (Tebet). Di tempat ini, namanya yang digunakan adalah Harry Potter Butter Soda. Kamu bisa memesannya dengan harga sekitar 30.000.
  4. Warung Wakakak (Muara Karang). Ketika berkunjung kesini jangan pernah melewatkan segelas butterbeer dengan campuran whipping creamnya yang tumpah ruah. Jangan lupa siapkan budget 25.000 untuk segelas butterbeer
  5. Buttery (Kawasan Alam Sutera). Butterbeer di Buttery cukup terjangkau harganya, hanya 20.000.

Itu tadi 5 cafe  yang ada di Jakarta yang ada menu butterbeernya. Namun jika kalian ingin membuatnya sendiri, bukan hal mustahil untuk dilakukan, tanpa kandungan alkohol di dalamnya.

Bahan-bahan :

  • 4 sendok makan mentega asin
  • ¾ cangkir gula merah
  • 2 sendok makan dan ¼ cangkir whipping cream kental
  • 1 sendok teh vanila ekstrak

Cara memasak :

  1. Buatlah terlebih dahulu saus butterscotch Caranya yaitu dengan memanaskan mentega asin dan gula merah di atas api sedang. Setelah mentega meleleh, aduk hingga rata lalu masukkan 2 sendok makan whipping cream kental. Didihkan hingga berbusa dan warna lebih pekat. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 4 menit, dan aduklah sesekali.
  2. Selanjutnya, matikan api dan kocok bersama ¼ cangkir whipping cream kental dan vanila ekstrak. Biarkan dingin, dan simpan di dalam lemari es selama 2 minggu.
  3. Untuk menikmatinya kamu bisa ambil seperlunya dan panaskan untuk menikmati butterbeer Atau blender dengan es untuk menikmati butterbeer dingin.