Ayo Bikin Lauk Keringmu Sendiri!

Apakah di rumah kalian punya stok lauk kering? Jika belum kalian harus belajar cara membuatnya. Memiliki lauk kering seperti kering tempe dan abon sangat membantu, terutama ketika diburu jadwal namun tak bisa meninggalkan kebiasaan sarapan. Lauk kering juga sangat praktis dan cocok untuk dipadukan dengan aneka makanan lain. Bagi anak kos, punya lauk kering bisa menghemat saku bulanan.

Kali ini, lauk kering yang akan dibuat yaitu Abon. Abon merupakan makanan yang terbuat dari serat daging. Berwarna cokelat pekat dengan rasa yang cenderung manis dan gurih. Abon memiliki tekstur kering dan tidak memiliki sisa kadar air, sehingga bisa tahan hingga beberapa bulan ketika disimpan di suhu ruang dalam wadah yang kedap udara.

Abon bisa dibuat dari bermacam-macam  daging, seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, ikan laut, dan jamur.  Tak harus beli dalam bentuk kemasan, kalian juga bisa kok membuat abon kalian sendiri.

Bahan-bahan :

  • 1 Kg daging sapi
  • 1 gelas santal kental
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • gula merah secukupnya
  • daun salam secukupnya
  • lengkuas secukupnya
  • garam secukupnya

cara memasaknya :

  1. Rebus daging terlebih dahulu hingga empuk. Masukkan garam, daun salam dan lengkuas ke dalam rebusan daging
  2. Setelah empuk, iris tipis-tipis kemudian pukul-pukul hingga memar
  3. Daging yang telah memar kemudian di suir-suir halus.
  4. Selanjutnya yaitu haluskan bawang putih, ketumbar, gula merah dan sedikit garam
  5. Panaskan santan kental, kemudian masukkan daging dan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk-aduk terus sampai santan habis dan daging kering. Pada waktu mengaduk, harus sering dibolak-balik agar tidak gosong.
  6. Membuat abon harus benar-benar kering hingga tidak ada kadar air yang tersisa, agar bisa tahan lama
  7. Tunggu sampai dingin, masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan. Abon buatanmu bisa dinikmati hingga beberapa bulan kedepan.

Cukup mudah bukan cara membuatnya? Membuat abon kuncinya harus sabar dan telaten saat mengaduknya agar matangnya merata. Bagi kalian yang menyukai rasa pedas, bisa menambahkan cabe rawit pada bumbu yang dihaluskan. Selamat mencoba!