Manfaat Bangun Pagi Yang Harus Kamu Tahu

Kamu biasanya kalo malem itu ngapain sih? Kok dibangunin pagi-pagi pasti susah banget kadang malah enggak bangun. Susahnya minta ampun. Nah tuh! Kalo pacar udah ngomel kayak gitu, bahaya!. Nanti bakal bilang, “kamu kok ngatur-ngatur aku sih!” atau “kan malemnya begadang, jadi susah bangun pagi.”. kalo udah gini, ya mau gimana lagi. Pacar pasti udah langsung diem. Karena dia sayang sama kamu. Tau ga sih! Padahal nih ya. Bangun pagi itu manfaatnya buaanyaaak banget! Apalagi kalo kamu masih sempet buat jogging. Hadeuhh. Enggak cuma pacar kamu yang bakal terus-terusan sayang sama kamu. Tapi temen pacar kamu juga. Eh, enggak deng. Salah. Pokoknya jogging itu banyak banget manfaatnya. Mau tahu manfaatnya apa aja? Nih ya…

 

Menambah panjangnya umur

Sebenernya kalo ini sih klise ya. Umur emang udah ada yang nentuin. Hidup emang udah ada yang ngatur. Tapi apa salahnya mensyukurinya. Salah satu bentuk syukurnya adalah dengan merawat dan menjaga hidup dengan baik. Berolahraga dengan baik juga salah satu cara yang paling yoi buat menjaga hidup kita. Olahraga itu sebenarnya tidak harus setiap hari. Kan ada tuh yang berpendapat kalo olahraga harus teratur. Pada hari itu juga. Tapi sebenernya enggak gitu juga. Rutin aja. Dijadwalin seminggu berapa kali gitu. Nih ya. Kalo kamu bisa jogging sejauh 56 kilometer setiap minggunya, kamu bisa menekan angka kematian sebesar 54%. Nah tuh. Kamu bisa deh, nyari doi lagi. Eh, hidup sama doi maksdunya.

 

Tulang lebih padat

Kok bisa sih? Kan yang dipake cuma kaki doang. Eh, jangan salah. Kepadatan tulang itu saling memengaruhi. Contohnya kalo kamu sering push-up atau sit-up, kepadatan tulang dari bagian lain juga akan bertambah, padahal kan push-up sama sit-up yang dipake cuma lengan sama perut. Nah sama dengan jogging atau lari pagi. Itu bakal nambah kepadatan tulang enggak cuma di kaki doang. Tapi juga di keseluruhan tulang kamu. Pertambahan kepadatannya bisa sampai 63% dari kepadatan tulang orang yang jarang lari pagi. Kalo udah gini, kamu siap deh bawa doi kemana aja yang dia mau.

 

Membakar kalori dan menambah stamina

Dua hal ini sebenarnya berhubungan. Dan pada dasarnya, olahraga apa pun akan selalu memberikan dampak keduanya. Jogging juga memiliki manfaat yang sama. Kalori pasti terbakar. Pasti. Mulai dari perut, pinggul, paha, sampai telapak kaki. Semuanya pasti terbakar. Hasilnya program diet kamu jadi lebih lancar. Nah, kalo menambah stamina, kok bisa? Kan kita mengeluarkan stamina? Iya. Tapi dengan durasi yang cukup bukan hanya mengeluarkan stamina yang kamu lakukan ketika lari pagi, tetapi juga kamu akan mendapat stamina yang lebih. Durasi normal untuk melakukan jogging di pagi hari adalah antara 30 menit sampai 60 menit. Jangan sampa kelaamaan, bisa-bisa kamu malah capek duluan sebelum beraktifitas.

 

Kan? Banyak kan? Makanya, kamu jangan suka ngomel balik kalo dibangunin pagi-pagi. Doi itu perhatian sama kamu! Jangan cuek! Entar ditinggalin mewek! Hih!