Ini Dia Kecantikan Wisata Kota Cimahi

Salah satu kota di Jawa Barat yang paling menarik untuk dikunjungi adalah Kota Cimahi. Dulunya adalah pernah menjadi bagian dari Kabupaten Bandung. Lokasinya yang ada di tengah-tengah Kabupaten Bandung membuat Kota Cimahi satu-satunya daerah yang berbatasan dengan satu wilayah saja, yaitu Bandung. Jadi, jika kebetulan ada kesempatan ke Bandung, sayang sekali jika tidak sekalian mengunjungi kota Cimahi. Di Cimahi, ada kecantikan pariwisata yang sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja, seolah-olah serpihan surga menancap di Cimahi.

 

  1. The Historich.

Dalam catatan sejarah Indonesia, Cimahi menadi salah satu basis militer yang digunakan untuk melindungi Bandung dan sekitarnya. Jadi, jangan heran jika di Cimahi masih banyak terdapat bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda. Mulai dari benteng pertahanan hingga rumah sakit militer. Salah satunya adalah banguna The Historich yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Bangunan Belanda ini terdapat di Jalan Jenderal Gatot Subroto No.19, Baros, Cimahi Tengah. Dibangun pada tahun 1886 dan digunakan sebagai tempat hiburan bagi kaum sosialita Belanda atau istilah kerennya zaman sekarang adalah hang out. Kini The Historich beralih fungsi sebagai gedung kesenian. Menarik sekali bukan.

 

  1. Rumah Sakit Dustira, Rumah Sakit Militer Bergaya Eropa

Ini memang bukan tempat wisata, karena ini adalah sebuah rumah sakit. Namun tidak ada ruginya mengunjungi rumah sakit ini. Rumah sakit militer bergaya khas eropa ini terletak di Jalan dr. Dustira No.1, Cimahi. Sampai saat ini bangunan ini masih aktif sebagai rumah sakit yang tentunya memiliki sejarah panjang terkait kolonilisme Belanda di Nusantara. Rumah sakit Dustira ini dibangun satu tahun setelah The Historich, yang awalnya bernama Militaire Hospital yang digunakan militer Blenada untuk merawat tentaranya dan juga para tawanan perang.

 

  1. Gunung Bohong, Spot Trekking Untuk Pemula

Pasti pertama kali mendengarnya akan bertanya-tanya dengan namanya, Gunung Bohong. Hal ini didasari pada bentuknya yang seperti gunung pada umumnya, namun ketinggiannya tidak masuk dalam klasifikasi sebuah gunung. Jadilah warga sekitar menyebutnya Gunung Bohong yang sebenarnya adalah bukit unik di Cimahi. Lokasi ini sangat tepat untuk berlatih trekking dan pendakian bagi para pemula. Ketinggiannya hanya sekitar 896 mdpl. Dan menariknya lagi, ketika sampai di puncak, kita disuguhkan pemandangan Kota Bandung, Kota Cimahi dan sekitarnya. Sanggat indah.

 

Ayo sudah, agendakan liburanmu untuk ke Cimahi.