Inilho Dari Fungsi Tumit, Telapak dan Mata Kaki Manusia

Tubuh manusia memang banyak fungsinya, namun banyak yang tidak mengetahui fungsi dari ketiga bagian kaki tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengenai tumit, telapak dan mata kaki manusia.

1. Tumit

Tumit adalah salah satu bagian dari sistem pertulangan tubuh dan merupakan tulang terbesar dari telapak kaki. Letaknya berada di belakang yang akan mengalihkan berat badan diatas tanah ke belakang. Pada bagian tumit juga diselimuti banyak serabut saraf dan otot. Jika mengalami nyeri maka itu bisa berasal dari salah satu atau gabungan dari otot, saraf, atau tulang tumit itu sendiri. Fungsi tumit adalah sebagi penyangga berat badan tubuh terutama ketika sedang berjalan atau berlari.

2. Telapak Kaki
Telapak kaki memiliki lapisan kulit paling tebal pada tubuh manusia. Ia tidak memiliki bulu dan pigmen, tetapi memiliki konsentrasi pori keringat yang tinggi. Bentuk kaki orang dewasa normalnya adalah melengkung. Persarafan telapak kaki memiliki banyak ujung saraf, maka sangat sensitif pada sentuhan dan pada permukaan yang dilangkahi, seperti rasa gatal dan sebagainya. Fungsi dari telapak kaki itu snediri adalah sebagai pijakan saat tubuh dalam posisi berdiri ataupun berjalan agar menjadi seimbang.

3. Mata Kaki
Mata kaki adalah tulang yang menonjol pada kaki kanan dan kiri. Ia merupakan bagian dari pergelangan kaki yang terdiri dari ujung-ujung tulang kering serta tulang betis dan tumit. Fungsi dari pergelangan kaki adalah untuk menyangga berat badan, terutama ketika sedang berjalan atau berlari. Sedangkan mata kaki berfungsi untuk melindungi sendi engsel yang terdapat dikaki dan juga berfungsi sebagai poros penggerak telapak kaki dan otot betis.

sumber