Bela Diri Untuk Menumpas Kejahatan

Thor: Ragnarok (2017) Thor (Chris Hemsworth)

Kamu udah nonton Justice League belum? Eh, itu kan DC yak. Atau kamu emang suka marvel? Preferensi memang hak masing-masing penonton. Tetapi banyak yang akhirnya mengamini bahwa entah DC atau Marvel, semuanya memiliki target dan pasar yang berbeda. Dikarenakan ya memang punya khasnya masing-masing. Baru-baru ini setelah Marvel mengakhiri tahun ini dengan film Thor: Ragnarok, gantian DC yang merilis film Justice League. Sama-sama superhero. Sama-sama membasmi kejahatan. Walaupun sebenarnya plot ceritanya secara keseluruhan udah banyak yang tahu, tapi tetep aja penasaran entah karena aktornya, lawan-lawannya, atau juga credit scene di akhir filmnya. Membuat pennton selalu antri berjam-jam demi film-film superhero.

Film-film superhero itu tidak hanya membangun cerita dan plot yang sangat menarik atapun juga membangun pasar yang lebih menggairahkan bagi komik-komik Marvel dan juga DC, tetapi juga mampu melahirkan aktor-aktor yang khas. Banyak. Aktor-aktor tersebut tidak hanya memrepresentasikan film-film yang dibintangi, tetapi juga pribadi atau diri dari tokoh utama film-film superhero tersebut. Iron Man. Yang paling awal banget filmnya, Robert Downey Jr mampu membangun karakter yang sangat Iron Man. Thor. Fisiknya yang tinggi tegap, mampu membuat Thor adalah Chris Hemsworth. Belum lagi yang paling anyar, Black Panther. Aksi Chadwick Boseman selalu dapat memunculkan ide bahwa Black Panther adalah dia.

Selain itu ada banyak sekali tokoh-tokoh yang begitu identik dengan karakter di setiap film-film superhero. Karakter tersebut dibangun dari berbagai aspek, salah satunya adalah dari keahliannya dalam cara mereka bertarung. Hampir setiap nama yang telah didapuk menjadi aktor selalu memiliki cara bertarung yang khas. Dan memang, dalam kesehariannya mereka juga sering melatih bela dirinya. Ragam bela diri yang digeluti pun sangat bervariasi.

Tom Holland tidak pernah menyangka bahwa dia akan membintangi superhero masa kecilnya. Sekarang, di umurnya yang baru menginjak 21 tahun, tokoh Spiderman sudah melekat dengan dirinya. Itu tak lepas dari kegigihannya untuk terus berlatih. Salah satunya adalah melalui hobinya melatih bela diri tinju. Dari feed Instagramnya, kegemaran melakukan latihan tinju tidak pernah turun. Dia selalu antusias melakukannya. Dampaknya, tokh Spiderman berhasil diperankannya dengan baik.

Iron Man yang diyakini sebagai pioneer rangkaian film Marvel begitu mencuri perhatian sampai sekarang. Itu tidak lepas dari peran Robert Downey Jr yang selalu punya cara untuk membuat film tersebut dikenang oleh para penggemar Marvel. Teknik bela dirinya pun juga telah diakui. Dia memilih bela diri yang berasal dari dataran Tiongkok. Wing Chun. Bela diri ini sangat unik. Keunikannya terletak pada kecenderungan para penganutnya untuk tidak melulu mencoba menyakiti lawan. Melainkan, selalu mencoba untuk menghindari serangan tanpa harus memberikan dampak buruk bagi lawan.

Sama dengan Spiderman, Thor pun juga memiliki kesenangan latihan bela diri yang sama. Tinju. Pertarungan jarak dekat yang selalu diperlihatkan oleh Thor memang sangat intens. Aksi-aksinya tidak pernah lepas dari pukul-memukul, tinju meninju. Dan memang tidak salah jika Chris Hemsworth lebih memilih Tinju sebagai olahraga kesukaannya daripada jenis bela diri yang lain.