3 Lagu tentang rindu

Rindu memang datang tanpa permisi. Tanpa mengetuk pintu. Sekalipun di tempat yang ramai, tapi rindu kerap membuat orang merasa kesepian. Entah apapun bentuknya rindu itu, bisa rindua kampung halaman, rindu orang tua tersayang, rindu dengan sahabat karib yang sudah lama tak bersua, atau yang paling sering: rindu kekasih hati. Terlebih ketika merasakan rindu yang begitu kuat, terdengar alunan yang membuat kita semakin membuat rindu itu sendiri tidak bisa terbendung. Nah, kami rekomendasikan lagu-lagu tentang rindu dan ketika mendengarnya membuat kita bergumam “aku rindu kamu…”

  1. Motley Crue – Without You

Pertama mendengar lagu ini di salah satu radio di Jogja, penulis tidak menyangka bahwa lagu yang begitu indah didengar ini lahir dari salah satu band paling begal. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa di balik tato dan kisah hidup yang ganas, mereka berempat adalah rocker yang bisa juga merasakan rindu dan menulisnya dengan begitu dalam. Salah satu bagian terbaik dari lagu ini adalah “Without you, there’s no change. My nights and days are grey. If I reached out and touched the rain, it just wouldn’t feel the same.” Dalam dan juga cadas!

  1. Guns N Roses – Patience

Kita semua tahu, bahwa band ini adalah salah satu band paling berbahay di dunia. Dan kala itu, banyak meramalkan anggotanya akan segera mati karena gaya hidup yang benar-benar liar. Namun faktanya, hingga sekarang kelima anggotanya belum ada yang dipanggil kembali oleh Sang Penguasa. Tapi bisa juga, mereka ini adalah rocker dunia yang paling romantis. Bukitnya adalah dengan mendengarkan lagu mereka yang berjudul Patience yang ada di album GNR Lies. Dalam lagu ini, yang paling teringat adalah siulan Axl Rose di pembuka lagu, sangat ear catchy dan memorable. Selain itu, liriknya sunggu sangat romantis tanpa harus dengan mengemis atau meninggalkan kesan maskulin. Coba resapi tiap katanya “Shed a tear ’cause I’m missing you, I’m still alright to smile. Girl, I think about you every day now” dan juga ketika berbisik lirih sembari berkata “Said woman take it slow, things will be just fine. You and I’ll just use a little patience.”

  1. LOVE – Always See Your Face

Dapat dikatakan lagu ini kurang begitu populer dibanding dua daftar teratas. Namun, ini adalah salah satu lagu terbaik mengenai rindu. Tidak ada kata-kata yang njilmet dan susah dipahami, tak ada juga pengandaian yang mbulet dan sulit diandaikan. Semuanya begitu tegas dan jelas “straight to the point: No matter where I go, I will always see your face.” Dan di lagu ini, Arthur Lee juga membawakannya dengan begitu pongah. Ia mengajarkan ketika kekasih menanyakanan pertanyaan klise semacam “kamu lagi kangen aku?” Jawab saja dengan kepala tegak, singkat, padat dan juga jelas: No Matter!.