Tari Topeng Indramayu

Salah satu kesenian yang berhasil membawa nama Indramayu dikenal dunia adalah pertunjukan Tari Topeng. Dan yang lebih istimewa lagi ini diperankan oleh perempuan-perempuan hebat titisan Nyai Darma Ayu tentu saja. Tari Topeng merupakan salah satu tariian di tatar Parahyangan. Si penari mengenakan topeng, sehingga dinamakan Tari Topeng. Dalam perkembangannya Tari Topeng beragam sekali modifikasinya. Baik dalam hal gerakan tubuh, rangkaian cerita yang disampaikan. Selain itu tari topeng tidak melulu dimainkan seorang penari saja, namun juga bisa dimainkan secara kelompok.

Salah satu jenis tari topeng yang cukup masyhur adalah Tari Topeng Kencana Wungu yang mana terdiri dari serangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang mengisahkan tentang Ratu Kencana Wungu yang dikejar-kejar Prabu Menak Jingga. Cerita ini cukup masyhur di kalangan masyarakat kita, yang mana Prabu Menak Jingga sangat tergila-gila dengan Ratu Kencana Wungu. Setiap topeng tentu memiliki karakter khusus yang digunakan sesuai dengan cerita yang ingin disampaikan. Semisal topeng Kencana Wungu dengan warna birunya. Biru dianggap melabangkan manusia yang lincah dan juga tetap anggun. Sedangkan Menak Jingga menggunakan topeng warna merah yang melambangkan karakter manusia yang serakah, berangasan, tidak sabar dan mudah sekali emosi. Warna-warna ini sengaja diciptakan untuk mewakili karakter manusia pada dasarnya. Dan tarian ini adalah karya Nugraha Soeradiredja.

Macam dan bentuk tari topeng ini sangatlah beragam. Selain memiliki nilai sejarah yang kuat, tari topeng ini sarat makna filosofis. Beberapa tari topeng yang cukup terkenal diantaranya: Tari topeng Panji yang merepresentasikan sosok manusia yang masih suci dan baru lahir, itu tergambar dari gerakannya yang halus dan lembut. Tari topeng Samba yang menggambarkan manusia ketika memasuki masa-masa anak-anak dengan gerakan yang lincah luwes dan juga lucu. Tari topeng Rumyang yang diterjemahkan saat manusia memasuki masa remaja atau baligh. Tari topeng Tumenggung yang menggambarkan kedewasaan seseorang yang penuh dnegan kebijaksanaan dan sosok prajurit yang tegas, setia dan penuh dengan kepahlawanan. Tari Topeng Kelana atau Rahwana yang memvisualkan watak manusia yang serakah penuh amarah serta ambisius. Sifat gelap manusia ini digambarkan dengan gerakan yang tegas, ambisiu dan penuh dengan hasrat duniawi

Sampai sekarang Tari Topeng masih sangat eksis di masyarakat Indramayu. Taro topeng merupakan salah satu pelajaran favorit sanggar-sanggar tari di Indramyu. Selain itu juga tari topeng selalu menjadi pertunjukan di acara-acara resmi daerah ataupun momen tradisional daerah lainnya. Ada salah satu sanggar tari topeng yang sangat terkenal di Indramayu, yaitu sanggar tari topeng Mimi Rasinah. Lokasinya di Desa Pekandangangan Indramayu.

Nah, siapakah Mimi Rasinah itu? Ia adalah wujud nyata titisan Nyi Darma Ayu yang menjelma menjadi salah satu maestro Tari Topeng yang masik aktif menari dan mengajarkannya kepada generasi muda. Yang patut dicontoh adalah semangatnya menjaga kesenian Tari Topeng, semenjak menderita lumpuh di tahun 2006, ia tetap dengan semangat membara mengajarkan Tari Topeng hingga akhir hayatnya di bulan Agustus 2010.