Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan

Kabupaten Kuningan memang tidak ada habisnya. Kota ini selalu memiliki kegiatan-kegiatan kebudayaan atau kesenian menarik yang sangat patut untuk dikunjungi.  Berikut adalah beberapa kesenian dan kebuadayaan di Kuningan yang jangan sampai kamu lewatakan.

  • Pesta Dadung

Berlokasi di Desa Legokherang, Cilebak-Kuningan. Kegiatan kesenian ini tumbuh dan berkembang sejak lama, yaitu secara turun temurun sejak abad ke XVIII. Kesenian ini lahir dan tumbuh awalnya di kalangan para pengembala, atau disebut Budak Angon. Kegiatan ini pada dasarnya adalah syukuran setelah panen dan menjelang musim tanam tiba, yaitu sekitar bulan september. Nah, kenapa disebut Pesta Dadung, karena sarana yang digunakan dalam upacara yang sangat sakral ini yaitu menggunakan tali dadung, atau tali pengikat leher sapi dan kerbau. Menarik untuk diikuti.

  • Sintren

Ini adalah salah satu kesenian yang paling populer di Jawa Barat, tidak hanya di Kuningan. Namun, sintren sendiri di Kuningan masih sangat banyak peminatnya. Biasanya diselenggarakan di  Cibingbin, Kuningan. Seni kegiatan tradisional tumbuh dan berkembang turun temurun sejak tahun 1957. Sintren berasal dari kata “sasantrian” yang pada mulanya kesenian ini adalah merupakan seni hiburan rakyat yang sering di tampilkan pada sore hari sambil melepas lelah setelah seharian bekerja keras di sawah. Pertunjukan ini dibawakan oleh seorang gadis yang masih perawan dan belum baligh. Ditemani seorang pawang yang dibawakan oleh sesepuh desa. Penari perempuan tadi yang memerankan sintren ini diikat dalam kurungan tertutup kemudian akan berubah memakai pakaian tari sintren. Nah, menarik sekali dan membuat penasaran.

  • Cingcowong

Adalah upacara ritual untuk meminta hujan dari sejak zaman dulu. Upacara ini dilakukan ketika kemarau panjang datang selama kurang lebih tiga bulan tidak ada hujan. Pada awlanya, cingcowong dipercayai oleh masyarakat khususnya di kecamatan Luragung setiap datang kemarau agat lahan pertaniannya terhindar dari kegagalan panen.

Jadi, sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk kita abai dengan kebudayaan lokal yang sudah terbukti memiliki nilai-nilai begitu bermakna dalam kehidupan. Dan, selain itu juga Kuningan bisa menjadi salah satu destinasi utama ketika berkunjung ke Jawa Barat. Salam budaya.